Dark/Light Mode

Kobarkan Semangat Perang Dunia II, Ratu Elizabeth Optimis Inggris Dapat Kalahkan Pandemi Corona

Senin, 6 April 2020 06:46 WIB
Tangkapan layar pidato Ratu Elizabeth soal wabah Covid-19, yang disiarkan dari Puri Windsor. (Sumber: BBC)
Tangkapan layar pidato Ratu Elizabeth soal wabah Covid-19, yang disiarkan dari Puri Windsor. (Sumber: BBC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratu Elizabeth menegaskan optimismenya kepada seluruh warga Britania Raya, bahwa Inggris dapat memenangkan pertempuran melawan pandemi Covid-19, jika mereka teguh mengikuti anjuran pemerintah selama masa lockdown dan menjalani isolasi mandiri bagi yang mengalami gejala.

Hal itu disampaikan Ratu Elizabeth dalam pidato yang ditayangkan langsung dari kediamannya di Puri Windsor, Minggu (5/4) malam.

Dalam kesempatan yang terbilang langka, Sang Ratu memohon warganya untuk bersemangat tinggi. Layaknya saat Perang Dunia II.

Baca juga : Membangun Optimisme Masyarakat Di Tengah Wabah Corona

Asal tahu saja, selama 68 tahun bertahta, ini adalah pidato kelima Ratu Elizabeth yang ditayangkan melalui stasiun TV.

"Tunjukkan bahwa kita tak kalah kuat dengan generasi masa lalu. Bersama kita bisa memberantas wabah ini. Jika kita bersatu dan teguh, kita pasti bisa mengatasinya," ujar Ratu Elizabeth (93), seperti dilansir BBC.

"Tantangan ini berbeda dengan apa yang kita hadapi sebelumnya. Kali ini, kita harus bekerja sama dengan seluruh negara di dunia, menggunakan kemajuan ilmu pengetahuan, dan membangun solidaritas. Kita akan berhasil. Keberhasilan akan menjadi milik kita semua," lanjutnya.

Baca juga : BPIP: Pancasila Pemersatu Tertinggi Bangsa

Pidato ini tayang setelah pejabat berwenang mengumumkan jumlah kematian akibat virus Corona di Inggris, melonjak jadi 621 dalam tempo 24 jam. Sehingga, total kasus positif di Inggris saat ini berjumlah 4.934.

Angka ini sangat berpotensi mendongkrak jumlah kasus kematian akibat Covid-19 di Inggris, pada pekan depan.

PM Boris Johnson termasuk salah satu yang langsung menjalani isolasi mandiri setelah dinyatakan positif Corona.

Baca juga : Kebanjiran, RS Pertamina Jaya Sigap Pindahkan Pasien Cuci Darah ke RSPP

Sementara putra Ratu Elizabeth, Pangeran Charles (71) telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah mengalami gejala ringan virus tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.