Dark/Light Mode

Rektornya Temui JK

Kampus Hiroshima Kasih Medali Doktor

Kamis, 7 Februari 2019 08:23 WIB
Rektor Universitas Hiroshima Mitsuo Ochi.
Rektor Universitas Hiroshima Mitsuo Ochi.

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), kemarin, kedatangan Rektor Universitas Hiroshima Mitsuo Ochi di kantornya, Jakarta. Mereka membahas sejumlah kerja sama, mulai di bidang pendidikan hingga masalah tanggap bencana.

Kepada JK, Ochi juga berbicara seputar sumber daya manusia (SDM) di bidang pendidikan. Dia menjelaskan, saat ini terdapat 159 siswa Indonesia yang sedang belajar di Universitas Hiroshima dan terdapat 221 gelar doktor yang sudah diberikan. Karena itu, Ochi berharap, ke depannya kerja sama pendidikan Universitas Hiroshima dan Indonesia bisa ditingkatkan lagi. 

Baca juga : Petinju Joshua Masih Lapar Gelar

Ochi merinci, 221 gelar doktor yang diberikan kepada ma- hasiswa terbagi ke beberapa bidang, mulai dari teknik hingga kedokteran. “Kurang lebih 69 doktor di bidang engineering dan lainnya kedokteran. Kita menginginkan supaya ke depannya di bidang lain,” terang Ochi.

Dia juga mengungkapkan, pertemuan tersebut untuk mem- beri medali penghargaan kepada Wapres JK atas gelar doktor kehormatan dari Universitas Hiroshima pada 2018.

Baca juga : Promo Batik Di Jalanan Wellington & Napier

“Pada saat itu tidak bisa diberikan, sehingga kami datang berkunjung sekaligus memberikan medali tersebut,” katanya.

Selain itu, lanjut Ochi, kunjungan ini untuk mengucapkan belasungkawa kepada korban gempa dan tsunami di Indonesia.

Baca juga : Paus Fransiskus Ajak Stop Perang

“Kami di Jepang mengumpulkan dana untuk korban tsunami. Nilainya tidak terlalu besar. Semoga bermanfaat,” imbuh Ochi. Pihaknya juga berencana mengunjungi Universitas Hasanuddin di Makassar, untuk membahas kerja sama pendidikan dengan Universitas Hiroshima. Pertemuan itu juga dihadiri Special Envoy Presiden untuk Jepang Rachmat Gobel dan pejabat dari Sekretariat Wakil Presiden serta perwakilan dari Rektorat Universitas Hasanud- din.[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.