Dark/Light Mode

Dubes Belanda Tunda Acara Open House Bareng Friends of Netherlands

Senin, 20 April 2020 06:35 WIB
Duta Besar Belanda Untuk Indonesia Lambert Grijns
Duta Besar Belanda Untuk Indonesia Lambert Grijns

RM.id  Rakyat Merdeka - Wabah corona membuat banyak kegiatan ditunda bahkan dibatalkan. Salah satunya rencana kegiatan kumpul-kumpul di kediaman Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns.

Grijns berencana menggelar open house, mengundang teman-teman Friends of Netherlands di kediamannya, Menteng, Jakarta Pusat. Rumah tersebut baru direnovasi setahun lalu, setelah rampung, ia pindah ke sana.

“Sayangnya, saya tidak bisa mengundang siapapun dalam kondisi sekarang ini,” ujarnya dalam surat terbuka diposting di situs web Kedutaan Besar Belanda.

Baca juga : Gelar Speed Mentoring Untuk Perempuan Muda

“Saya harap nanti bisa undang kalian semua ke rumah dinas saya,” harap Dubes kelahiran Bogor, Jawa Barat, 58 tahun lalu.

Grijns yang ngepos sejak September 2019 di Tanah Air mengatakan, ia senang sudah bisa melakukan banyak hal sejak hari pertama dia bertugas di Indonesia. Salah satunya adalah me- ngurus kedatangan Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima 9-13 Maret lalu.

“Saya senang kunjungan itu berjalan mulus dan sukses. Saya berterima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu kami,” ujarnya.

Baca juga : Menlu Berikan Pendampingan Konsuler Bagi Suporter Yang Ditangkap Di Malaysia

Grijns kemudian memberi semangat pada semua warga Belanda yang memilih tinggal di Indonesia. “Saya mendukung pilihan anda dan menghormati pilihan anda untuk tetap berada di In- donesia. Kami, dari Kedutaan Besar, selalu siap membantu jika diperlukan,” pesannya.

“Kepada teman-teman yang kembali ke Belanda, selalu jaga kesehatan diri dan keluarga. Kita bisa melewati masa sulit ini bersama,” sambungnya.

Grijns mencatat lebih dari 1.100 turis Belanda dan 440 turis asal negara-negara Uni Eropa lain sudah dipulangkan dari Bali ke negara masing-masing. Ia berharap masa krisis ini segera berlalu.

Baca juga : Dubes Polandia Ingin Bekerja Sama dengan Semangat Merah Putih

“Seperti yang anda ketahui, kita harus meniadakan resepsi ulang tahun Raja dan menunda perayaan ulang tahun Erasmus Huis yang ke-50. Nanti kita bisa adakan acara pengganti jika semua masalah sudah kita lewati bersama,” ujarnya.

Namun, Grijns tetap akan meletakkan karangan bunga di pemakaman Ereveld Menteng Pulo pada 4 Mei. Permakaman ini dikhususkan bagi perwira militer Belanda, yang tewas selama Perang Kemerdekaan Indonesia. Di Ereveld ini terdapat 4.300 makam warga Belanda.

“Rencananya saya akan meletakkan karangan bunga di sana. Sebelum itu, mari kita saling dukung dan semangati semua te- man dan keluarga. Semoga kita selalu sehat,” tandasnya.[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.