Dark/Light Mode

Lima Wartawan Terima Penghargaan Uni Eropa

Jumat, 8 Februari 2019 20:34 WIB
Para penerima Penghargaan Uni Eropa berfoto dengan Duta Besar Uni Eropa Vincent Guerend (keenam kiri belakang) beserta para Duta Besar dan diplomat  negara-negara anggota Uni Eropa. (Foto Kedubes Uni Eropa)
Para penerima Penghargaan Uni Eropa berfoto dengan Duta Besar Uni Eropa Vincent Guerend (keenam kiri belakang) beserta para Duta Besar dan diplomat negara-negara anggota Uni Eropa. (Foto Kedubes Uni Eropa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka merayakan Hari Pers Nasional, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Guérend, hari ini menyampaikan penghargaan kepada lima wartawan Indonesia yang karya jurnalistiknya dinilai telah berkontribusi kepada peningkatan kesadaran publik tentang nilai-nilai hak asasi manusia yang bersifat universal dan inklusi sosial, seperti non-diskriminasi, kesetaraan gender, toleransi dan keberagaman.

Kelima wartawan tersebut merupakan pemenang kompetisi “Penghargaan Uni Eropa untuk Wartawan (#eu4wartawan)” yang diselenggarakan Agustus 2018 dengan memanfaatkan momentum Asian Games, Asian Para Games dan Festival Bebas Batas.

Baca juga : Dubes Lyudmila Protes Penggunaan "Propagada Rusia"

Para pemenang tersebut adalah: Denty Piawai Nastitie dari Kompas.id dengan artikel “Asian Para Games 2018, Perjuangan Atlet untuk Kesetaraan”. Diko Oktara Achmad Yani dari Koran Tempo dengan artikel “Para Bintang yang Terus Berjuang”. Erik Purnama Putra dari Harian Republika dengan artikel “Berimajinasi Melihat Karya Lukis Difabel”. Suci Sekarwati dari Tempo.co dengan artikel “Kisah Perempuan Afganistan Perjuangkan Hak Kaum Difabel”. Yus Mei Sawitri dari Bola.com dengan artikel “Asian Paragames 2018, Awal Manis Sebuah Perjuangan Panjang”.

“Media berperan penting dalam menggugah masyarakat serta pemerintah untuk mengubah sikap dan mengambil tindakan dalam melawan diskriminasi, serta untuk memastikan hak asasi manusia berlaku untuk semua orang tanpa kecuali,” ujar Duta Besar Uni Eropa Guerend.

Baca juga : Polres Bogor Dapat Penghargaan DPR

Dubes Guerend berharap, penghargaan ini akan mendorong dan berkontribusi terhadap peningkatan jurnalisme berkualitas yang berpihak pada hak asasi manusia. Dia juga menekankan pentingnya kebebasan berekspresi dan pluralisme media dalam demokrasi.

Kelima artikel menceritakan kisah  menarik dan mendemonstrasikan keterampilan jurnalistik yang sangat baik. Para pemenang akan berangkat ke markas besar Uni Eropa di Brussels, Belgia pada bulan April 2019 mendatang untuk mengikuti program kunjungan selama sepekan. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.