Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KCNA: Kim Jong Un Baru Saja Potong Pita di Pabrik Pupuk

Sabtu, 2 Mei 2020 07:09 WIB
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un (Foto: SCMP)
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un (Foto: SCMP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ini kabar terbaru tentang Kim Jong Un. Dia disebut masih hidup, dan sehat walafiat. Seperti dilansir Reuters pada Sabtu (2/5), Kantor Berita Pemerintah Korea Utara (KCNA) menginformasikan, Kim hadir di tengah peresmian pabrik pupuk di wilayah utara Pyongyang, Jumat (1/5). Ini adalah kehadiran Kim pertama di muka umum, sejak 11 April 2020. Namun sayangnya, laporan KCNA itu tak dapat dikonfirmasi Reuters secara independen. 

KCNA melaporkan, saat Kim memotong pita peresmian, para hadirin heboh bersorak hore. Mereka memuja Kim, yang dinilai telah sukses memimpin semua orang untuk mencapai tujuan besar kemakmuran. 

Baca juga : Kim Jong Un Ngilang, Warga Korut Panic Buying

Kim yang dalam kesempatan tersebut didampingi sejumlah pejabat senior Korrea Utara (Korut) dan adiknya Kim Yo Jong, mengaku puas dengan sistem produksi yang dinilainya sudah berjalan baik di pabrik pupuk tersebut. Menurutnya, pabrik itu telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan industri kimia dan produksi pangan di Korut.

Menanggapi laporan KCNA, Presiden AS Donald Trump mengaku akan memberikan pernyataan soal Kim pada waktu yang tepat. 

Baca juga : Keluarga Kim Jong Un Punya Riwayat Panjang Diabetes dan Penyakit Jantung

Belakangan ini, berbagai spekulasi tentang kondisi Kim memang banyak beredar. Ada yang bilang meninggal dunia. Ada yang bilang berada dalam kondisi vegetatif pasca operasi jantung. Namun, ada juga yang bilang Kim baik-baik saja dan berada di Wonsan. Gosip yang ini mencuat setelah kereta yang biasa ditumpanginya, tertangkap citra satelit AS di Wonsan. Selain itu, juga ada yang menyebut, Kim baru saja memberikan ucapan selamat kepada para pekerja konstruksi di Samjiyon.

Deretan rumor tersebut berhembus, setelah batang hidung Kim tak nampak dalam perayaan HUT pendiri Korut yang juga sang kakek, Kim Il Sung pada 15 April lalu. Dalam peringatan ulang tahun yang dijadikan hari libur nasional, Kim sebagai Pemimpin Tertinggi Korut biasanya mengunjungi mausoleum, tempat kakeknya dimakamkan. Namun, kali itu Kim tak hadir. 

Baca juga : Kasih Tahu Dong, Gimana Caranya Rakyat Gak Panik

Soal ini, sumber yang dekat dengan analisis dan laporan intelijen AS mengatakan, agen Paman Sam masih meyakini Kim tak sakit serius, dan masih sangat berkuasa. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.