Dark/Light Mode

Ingin Terdepan Respons Covid-19 Global, AS Gelontorkan Lagi Rp 1,9 Triliun

Jumat, 8 Mei 2020 10:35 WIB
Menteri Luar Amerika Serikat Michael Pompeo. (Foto Associated Press)
Menteri Luar Amerika Serikat Michael Pompeo. (Foto Associated Press)

RM.id  Rakyat Merdeka - Amerika Serikat menggelontorkan tambahan bantuan kesehatan global dan kemanusiaan senilai 128 juta dolar AS atau Rp 1,9 triliun. Demikian pengumuman Menteri Luar Negeri AS Michael Pompeo, Rabu (6/5).

Pendanaan tersebut mencakup 100 juta dolar (Rp 1,5 triliun) dalam pendanaan kesehatan global guna mendukung pencegahan, deteksi, dan pengendalian virus. Sedangkan 28 juta dolar (Rp 419 miliar) akan membantu mencegah penyebaran Covid-19 di antara para pengungsi dan migran yang rentan, termasuk melalui bantuan kemanusiaan.

Baca juga : Ramadan dan Idul Fitri, BRI Siapkan Uang Tunai Rp 37,2 Triliun

Peningkatan komitmen ini menambah jumlah total bantuan kesehatan global, kemanusiaan, dan ekonomi yang menyelamatkan nyawa menjadi lebih dari 900 juta dolar (Rp 13,5 triliun) untuk lebih dari 120 negara.

"Pada saat kami bekerja sama untuk mengalahkan virus corona di dalam negeri, Amerika Serikat juga berdiri bersama mitra-mitra global kita ketika mereka membutuhkannya, seperti yang selalu dilakukan. Dunia yang lebih sehat berarti Amerika Serikat yang lebih sehat," pernyataan Pompeo.

Baca juga : Tangani Covid-19, Triputra Group Serahkan Bantuan Rp 30,3 Miliar

Pompeo menekankan, selama lebih dari setengah abad, AS menjadi kontributor terbesar dalam keamanan kesehatan global dan bantuan kemanusiaan, menyelamatkan nyawa. AS, lanjut Pompeo, memimpin perjuangan melawan Ebola, HIV/AIDS, tuberkulosis, malaria, dan penyakit menular lainnya, serta respons kemanusiaan di seluruh dunia, termasuk krisis yang tengah terjadi di Venezuela dan Suriah.

"Meski Amerika Serikat tengah melawan virus di dalam negeri, masyarakat Amerika tetap menjadi yang terdepan dalam kepedulian terhadap sesama," pernyataan Pompeo lagi.

Baca juga : Angka Terinfeksi Covid-19 Tembus 1 Juta, Amerika Bersatu Ajak Diaspora Saling Dukung

Bersama-sama, pengusaha swasta, organisasi nirlaba, badan amal, dan individu menyediakan hampir 4 miliar dolar (Rp 60 triliun) dalam bentuk donasi dan bantuan, di samping bantuan pemerintah. Jika digabung, masyarakat Amerika telah menyumbang hampir 6,5 miliar dolar (Rp 97,4 triliun) dalam bantuan dan donasi pemerintah dan nonpemerintah untuk respons global Covid-19, yang merupakan hampir 60 persen dari nilai total secara global. AS menyambut kontribusi berkualitas tinggi, transparan, tanpa ikatan dari semua donor di seluruh dunia untuk membantu melawan pandemi ini.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.