Dark/Light Mode

Pastikan Kondisi WNI di AS Lewat Program Sapa Diaspora

Rabu, 13 Mei 2020 05:00 WIB
Masjid Imaam Center di Silver Spring, Maryland, Amerika Serikat. (Foto Imaam Center)
Masjid Imaam Center di Silver Spring, Maryland, Amerika Serikat. (Foto Imaam Center)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk terus menjalin komunikasi dan memastikan kondisi masyarakat Indonesia di Amerika Serikat (AS) pada masa pandemi Covid-19, Kedutaan Besar Republik Indonesia/KBRI Washington DC menjalankan kegiatan “Sapa Masyarakat/Diaspora Indonesia.” Kegiatan ini tidak hanya online tapi juga ada bertemu langsung.

Pada Minggu (10/5) Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI)/Wakil Duta Besar RI untuk AS Iwan Freddy Hari Susanto melaksanakan Sapa Diaspora lewat virtual meeting yang diselenggarakan Imaam (Indonesian Muslim Association in America) Center atau Komunitas Muslim Indonesia di Amerika Serikat.

Dalam pertemuan tersebut, Iwan menyampaikan rasa bangganya melihat semangat masyarakat Muslim Indonesia di AS yang tetap antusias, khidmat, dan khusyuk menjalankan dan mengisi ibadah puasa Ramadhan di tengah suasana pandemik.

Baca juga : Partai Demokrat Bagi-bagi Sembako Lagi Di Jakarta

"Pertemuan daring ini menjadi sangat penting, bukan hanya dalam rangka menjaga dan memperkuat tali silaturahmi antar anak bangsa di perantauan, namun juga untuk saling memberikan dorongan semangat agar terus sehat," ucap Iwan.

"Yang lebih menyenangkan adalah melihat masyarakat Indonesia dalam kondisi sehat. KBRI Washington DC akan terus mendampingi dan memberikan perlindungan secara maksimal bagi semua WNI. Terlebih dalam situasi sulit seperti saat ini," lanjutnya serayamseraya prioritas kerja KBRI Washington DC.

Pertemuan daring ini dilakukan di sela-sela kegiatan kajian keagamaan yang secara rutin digelar Pengurus Imaam Center dalam rangka mengisi aktivitas ibadah puasa selama bulan Ramadhan 1441 H. Acara itu dihadiri ratusan jamaah. Salah satunya berada di negara bagian Florida.

Baca juga : Vino: Kondisi Pandemi Saat ini Sangat Berat

Pertemuan juga dihadiri pengurus Imaam Center, termasuk Presiden Imaam Center Arif Mustofa, selaku imam, Ustadz Fahmi Zubir Zakaria dan Ketua Dewan Penasehat, Amang Sukasih. 

Iwan memanfaatkan pertemuan tersebut untuk menyampaikan perkembangan hubungan bilateral RI-AS. Iwan juga mempersilakan pengurus dan para jamaah bertanya. Pertanyaan mereka terkait berbagai upaya perlindungan WNI yang dilakukan KBRI selama pandemi hingga hubungan bilateral.

Selain pertemuan online, KBRI Washington, melalui program Sapa Diaspora juga langsung bertemu dengan berbagai kalangan WNI di AS, baik tokoh masyarakat dan lansia, mahasiswa/pelajar, maupun pekerja migran khususnya anak buah kapal (ABK) kapal pesiar dan diaspora Indonesia. Pengecekan langsung kondisi WNI dirasa perlu di tengah pandemi ini.

Baca juga : Pasokan Bawang Merah Aman, Kementan Jaga Stabilitas Harga

Tim Satuan Tugas Covid-19 KBRI Washington DC juga telah memberikan bantuan langsung kepada masyarakat Indonesia di AS, baik dalam bentuk penyuluhan kesehatan rutin, pemberian masker, pembagian alat pengukur suhu hingga bantuan sembako. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.