Dark/Light Mode

Mantap, KBRI Berlin Pulangin 1.694 ABK WNI Ke Tanah Air

Senin, 18 Mei 2020 12:18 WIB
Kloter terakhir ABK Indonesia yang dipulangin ke Tanah Air dari Jerman. (KBRI Berlin)
Kloter terakhir ABK Indonesia yang dipulangin ke Tanah Air dari Jerman. (KBRI Berlin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Berlin, Jerman, membantu memulangkan 1.694 warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK).

Kloter WNI ABK terakhir yang dipulangkan adalah 238 orang awak kapal pesiar AIDA yang diberangkatkan dari bandara Frankfurt pada 17 Mei dengan menggunakan pesawat carter Condor. Mereka direncanakan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin sore ini (18/5).

Phlilipp Heidmann, Direktur Brand Emergency Response AIDA Cruises menyatakan bahwa pemulangan itu merupakan repatriasi terakhir kru kapal AIDA ke Indonesia.

Baca juga : Wali Kota Solo Persilakan 100 ABK Dikarantina di Hotel

"Hari ini adalah gelombang pemulangan terakhir. Jumlah total kru kapal AIDA asal Indonesia yang sudah direpatriasi selama pandemik Covid-19 ini sebanyak 718 kru," ujar Philipp dalam rilis resmi KBRI Berlin, Senin (18/5).

Para kru yang dipulangkan itu tiba di pelabuhan Hamburg, Steinwerder Cruise Center, pada Jumat (15/5) pagi.

Sebelumnya mereka berlayar selama 10 hari dari Tenerif, Kepulauan Kanaria dekat Maroko. Mereka telah berada di Tenerif kurang lebih dua bulan. Dari pelabuhan Hamburg mereka diberangkatkan dengan enam bis ke Bandara Frankfurt dini hari pada 17 Mei.

Baca juga : KBRI Bandar Seri Begawan Kembali Pulangkan PMI Ke Tanah Air

Persiapan kepulangan para kru Kapal AIDA itu dikoordinasikan oleh seluruh perwakilan RI di Jerman. Koordinasi rencana pemulangan dengan pihak perusahaan serta otoritas terkait di Jerman dan di Indonesia dilakukan oleh KBRI Berlin.

KJRI Frankfurt bertugas untuk koordinasi teknis repatriasi dengan otoritas terkait di Bandara Frankfurt. Sementara KJRI Hamburg mengoordinasikan dengan pihak perusahaan untuk ketibaan para kru di pelabuhan Hamburg serta keberangkatan menuju Bandara Frankfurt.

"Alhamdulillah, koordinasi kita lancar. Masing-masing menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Ketiga Perwakilan juga melakukan pendampingan sejak kru diberangkatkan dari Hamburg sampai mereka diterbangkan ke Indonesia," ujar Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno.

Baca juga : Alhamdulillah, 196 WNI di Bangladesh Berhasil Pulang Ke Tanah Air

Dubes Oegroseno juga mengatakan bahwa sampai dengan pemulangan pada Minggu (17/5), total WNI kru kapal pesiar Jerman yang sudah dipulangkan ke Indonesia berjumlah 1.694 orang.

Setibanya di Jakarta mereka akan menjalani standar prosedur penanganan Covid-19 yang diberlakukan oleh pemerintah Indonesia.

Setelah selesai menjalani prosedur kesehatan itu mereka akan diterbangkan ke kota asal mereka, yakni Denpasar, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Bandar Lampung, dan Palembang. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.