Dark/Light Mode

Carter Garuda, KBRI Colombo Pulangkan 335 WNI Ke Tanah Air

Sabtu, 25 April 2020 13:42 WIB
Carter Garuda, KBRI Colombo Pulangkan 335 WNI Ke Tanah Air

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Colombo fasilitasi pemulangan 335 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Sri Lanka dan Maladewa ke Indonesia, pada Jumat (24/04) malam, untuk mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19. 

Para WNI sebagian besar merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI), yang bekerja di sektor pariwisata di Maladewa dan Sri Lanka. 

Pemulangan dilakukan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia, yang dicarter khusus atas biaya perusahaan. 

Pesawat yang dicarter berangkat dari Colombo Pukul 19.30 dengan membawa 42 PMI dari Sri Lanka, menuju Male Airport untuk menjemput 293 PMI lainnya di Maladewa. 

Baca juga : Gandeng Garuda, KBRI Bangkok Pulangkan 356 WNI Terdampar di Thailand

Para PMI dijadwalkan akan tiba di Denpasar, keesokan harinya Pukul 10.10 WIT. Dan pada 24 April 2020 menjadi hari yang bersejarah bagi Garuda Indonesia karena mendarat untuk pertama  di Maladewa. 

Berhentinya, operasi perusahaan dan resor-resor di Maladewa membuat pemulangan menjadi jalan terbaik untuk menghindari terlantarnya para PMI di bulan-bulan ke depan. 

KBRI Colombo memanfaatkan momentum ketika cashflow perusahaan dan resor-resor masih cukup baik untuk membiayai kepulangan PMI ke Indonesia. 

Sebagian besar PMI yang bekerja di sektor pariwisata ini tidak akan lagi menerima gaji secara penuh mulai bulan April dan selanjutnya. 

Baca juga : Tiga KBRI di Eropa Fasilitasi Kepulangan 18 WNI dari Polandia

Sebanyak 80% dari PMI yang dipulangkan, merupakan warga Bali. Sedangkan sisanya berasal dari beragam daerah, antara lain Surabaya, Makassar dan Lombok. 

Selain repatriasi ke Denpasar, KBRI Colombo juga akan merepatriasi ratusan PMI lainnya dengan tujuan Jakarta, yang sementara ini dijadwalkan pada akhir April. 

Komunikasi efektif dengan pihak perusahaan dan resor-resor menjadi sangat penting guna menjamin kelancaran proses repatriasi. 

KBRI Colombo terus mengupayakan berbagai cara melalui koordinasi dengan berbagai pihak di Maladewa demi kemudahan para PMI untuk ikut dalam penerbangan khusus ini. 

Baca juga : Pemerintah Kawal Ketat Kepulangan WNI Demi Tekan Penyebaran Covid-19

Berdasarkan data imigrasi Maladewa saat ini tercatat, sebanyak 3.151 WNI menetap di Maladewa, yang sebagian besar di antaranya bekerja pada sektor pariwisata, konstruksi, perhotelan dan restoran. 

Sementara di Sri Lanka, terdapat sekitar 426 orang WNI yang tercatat oleh KBRI dan imigrasi Sri Lanka. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.