Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Indonesia Bersama Palestina di Tengah Pandemi Covid-19

Selasa, 19 Mei 2020 23:29 WIB
KBRI Amman menyerahkan bantuan sembako untuk pengungsi Palestina di Yordania. (Foto KBRI Amman)
KBRI Amman menyerahkan bantuan sembako untuk pengungsi Palestina di Yordania. (Foto KBRI Amman)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi covid-19 juga melanda Palestina yang masih diduduki Israel. Baik di Tepi Barat maupun Gaza, warga Palestina juga terinfeksi meskipun jumlahnya relatif kecil. Dari sekitar 5,5 juta penduduknya, sejauh ini sekitar 560 kasus terinfeksi dan sembilan orang meninggal dunia.

Selain di Tepi Barat dan Gaza, sekitar 5 juta pengungsi Palestina juga tersebar di Yordania, Lebanon dan Suriah. Mayoritas, sejumlah 2,3 juta pengungsi Palestina menetap di Yordania sejak 1948. Lembaga badan bantuan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) yang sejak awal menyalurkan bantuan medis dan pendidikan bagi para pengungsi Palestina tersebut.

Baca juga : Laboratorium Kesehatan Hewan Kementan Dukung Pengujian Covid-19

Dua lembaga swadaya masyarakat, yaitu “Sahabat Palestina Memanggil (SPM)” dan “Nusantara Palestina Centre (NPC)”, bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia/KBRI Amman, Yordania, telah melakukan penggalanan dana dan penyaluran bantuan kemanusiaan untuk para pengungsi Palestina di Yordania. Kegiatan kemanusiaan ini dilakukan dalam rangka mengurangi beban sosial dan ekonomi para pengungsi di tengah menghadapi pandemi dan menunaikan ibadah puasa Ramadhan.

Bermitra dengan lembaga sosial “Jordan Hashemite Charity Organization (JHCO)”, pada 17-18 Mei 2020, sekitar 600 paket sembako telah dibagikan untuk para pengungsi Palestina di kamp Talbiyah dan kamp pengungsi asal Gaza di Jerash.

Baca juga : Tajdid Institute Sebar Paket Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19

Dalam kegiatan kemanusiaan ini, Duta Besar Republik Indonesia untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto, turut menyaksikan dan menyerahkan langsung bantuan kepada para pengungsi tersebut.

Meskipun banyak warga di tanah air yang membutuhkan bantuan akibat pandemi Covid-19, sebagian anggota masyarakat di Indonesia tetap menaruh perhatian dan kepedulian untuk membantu saudara mereka di Palestina.

Baca juga : Omnibus Law Bisa Percepat Perbaikan Ekonomi Pasca Covid-19

“Ini merupakan bukti bahwa dalam situasi apapun, termasuk di masa pandemi Covid-19, Indonesia tetap bersama Palestina,” kata Andy.

Perhatian masyarakat Indonesia yang tidak pernah surut ini juga merupakan bentuk komitmen dan dukungan Indonesia dalam memperjuangkan hak rakyat Palestina memperoleh kemerdekaan sebagai negara dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.