Dark/Light Mode

Kecewa Tak Bisa Minta Pertanggungjawaban China Soal Corona, Trump Ceraikan AS Dari WHO

Sabtu, 30 Mei 2020 10:11 WIB
Presiden AS Donald Trump (Foto: Instagram)
Presiden AS Donald Trump (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden AS Donald Trump akhirnya resmi mengakhiri hubungan dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ini adalah puncak konflik antara Trump dengan badan yang merupakan bagian dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Trump menyebut, WHO sudah gagal meminta pertanggungjawaban China atas penyebaran virus Corona. Dia juga menuduh WHO berada di bawah kendali Beijing.

Baca juga : Ketegangan AS-China Hantui Pergerakan Rupiah Hari Ini

"WHO telah gagal melakukan reformasi yang diminta dan sangat dibutuhkan. Karena itu, per hari ini, AS akan mengakhiri hubungan dengan WHO. Kami akan mengalihkan dana yang biasa kami sumbang ke WHO, untuk kebutuhan kesehatan masyarakat dunia lainnya yang mendesak," kata Trump seperti dikutip CNN, Jumat (29/5).

"Dunia butuh jawaban dari China soal virus. Kita harus transparan," tambahnya.

Baca juga : Jepang Dan AS Minta Industrinya Angkat Kaki Dari China, RI Siap Tampung

Pada kesempatan yang sama, Trump juga menyerang China. Ia mengaku siap meningkatkan tensi hubungan dengan China, yang akan menyebabkan Negeri Tirai Bambu terpuruk.

"Para pejabat China telah mengabaikan kewajiban pelaporan mereka kepada WHO. Mereka telah menekan WHO, ketika pertama kali menemukan virus tersebut. Akibatnya, korban jiwa berjatuhan, dan kesulitan ekonomi terjadi di mana-mana," papar Trump.

Baca juga : Kenang Jasa Dokter Yang Selamatkan Nyawanya Saat Kena Corona, PM Johnson Namai Bayinya Nicholas

Di lain pihak, WHO tak mau berkomentar soal ini. "No comment," ujar Juru Bicara WHO seperti dikutip CNN. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.