Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tunjukkan Peran Perempuan WNI Dalam Ebook Srikandi

Senin, 8 Juni 2020 22:03 WIB
Peluncuran buku virtual dengan dukungan Duta Besar Indonesia di Finlandia Wiwiek Setyawati Firman bersama LSM Nusantara ry yang didukung 25 perempuan WNI pada 5 Juni 2020. (Foto: KBRI Helsinki)
Peluncuran buku virtual dengan dukungan Duta Besar Indonesia di Finlandia Wiwiek Setyawati Firman bersama LSM Nusantara ry yang didukung 25 perempuan WNI pada 5 Juni 2020. (Foto: KBRI Helsinki)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Indonesia di Helsinki, Finlandia, baru saja menyaksikan peluncuran e-book berjudul Srikandi "Kesetaraan Gender Dan Srikandi-srikandi Indonesia Sebagai Aktor Pembangunan Di Negeri Seribu Danau, Finlandia” pada 5 Juni 2020 lalu.

Peluncuran buku virtual ini berkat dukungan Duta Besar Indonesia di Finlandia Wiwiek Setyawati Firman bersama LSM Nusantara ry yang didukung 25 perempuan WNI yang menjadi aktor pembangunan di Finlandia Baik sebagai pengusaha maupun pekerja.

Ebook ini merupakan komitmen bersama untuk terus memperkuat peran perempuan WNI/ Diaspora RI dalam partisipasinya sebagai aktor pembangunan di Finlandia di berbagai bidang kehidupan seperti sektor pendidikan dan riset, kesehatan, perdagangan, ekonomi kreatif dan media.

Sektor-sektor tersebut diangkat dalam rangka memperkuat kesetaraan gender di Finlandia untuk mendukung peran perempuan WNI /Diaspora sebagai aktor pembangunan tanpa diskriminasi.

Baca juga : Jangan Dikotomikan Perlu Tidaknya Peran TNI Polri dalam Penerapan New Normal

"Mereka merupakan duta yang sesungguhnya bagi Indonesia untuk mendukung berbagai kepentingan strategis seperti diplomasi sosial budaya, pendidikan, kesehatan, promosi wisata, diplomasi kuliner, diplomasi bahasa, diplomasi kemanusiaan, diplomasi ekonomi dan perdagangani serta diplomasi media," ujar Dubes Wiwiek dalam rilis KBRI Helsinki, Senin (8/6).

Mereka juga merupakan motor penggerak utama di bidang promosi produk unggulan Indonesia khususnya batik, songket dan kopi.

Khusus di bidang diplomasi kuliner, para perempuan Indonesia di Finlandia berhasil memproduksi dan memasarkan jenis-jenis produk makanan khas Indonesia termasuk tempe,bumbu masakan jadi (bumbu rendang, opor, gulai, soto ayam), aneka sambal (sambal bawang, sambal terasi, sambal hijau) di bawah merek dagang Green Java ke 28 negara-negara di Eropa.

Sejumlah Srikandi Indonesia antara lain Anita, Lucia Indren, Susi Hermawan, Aning Rusmana dan Marissa Bulgamin yang bergerak di sektor jasa katering masakan Indonesia.

Baca juga : Ini Catatan Penting Gempari Dalam Penanganan Covid-19

Mereka secara konsisten walaupun di tengah pandemi Covid- 19 masih terus melayani bahkan mendapatkan pelanggan yang semakin meningkat dibidang pesan antar masakan khas Indonesia.

LSM Nusantara dibawah pimpinan Evita Haapavaara bersama anak muda, Marissa Bulgamin (pemilik Restoran Bali Brunch) aktif bekerjasama dengan institusi sekolah masak Finlandia (Helsinki Culinary Institute) memberikan kursus masakan Indonesia.

Selanjutnya, di sektor promosi perdagangan, LSM Nordic Asean Business Forum yang juga dipimpin Evita Haapavaara berperan aktif mempromosikan UMKM Indonesia maupun UMKM negara Nordic.

Mereka melakukan bimbingan di bidang kewirausahaan dalam rangka membuka dan memperluas jaringan bisnis antar negara. LSM ini juga aktif melakukan sosialisasi kebijakan kebersihan dan kesehatan bagi pelaku jasa makanan melalui berbagai lokakarya dan penyelenggaraan event-event bisnis.

Baca juga : BPJT Batasi Angkutan Umum Selama Libur Lebaran

Dubes Wiwiek mengapresiasi tim LSM Nusantara dan Evita Haapavaara yang terus aktif membantu penanganan WNI yang berhadapan dengan hukum di Finlandia, baik sebagai pendamping, memberikan advokasi selama mereka menjalani proses hukumnya, maupun bertindak sebagai tenaga penerjemah Bahasa Indonesia ke Bahasa Finlandia. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.