Dark/Light Mode

Jadi Dirjen Protkons, Dubes Andy Rachmianto Bakal Terapkan Strategi Pelayanan 4.0

Sabtu, 20 Juni 2020 09:48 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Yordania dan Palestina Andy Rachmianto resmi dilantik menjadi Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler (Protkons), Jumat (19/6). (Foto: Istimewa)
Duta Besar Indonesia untuk Yordania dan Palestina Andy Rachmianto resmi dilantik menjadi Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler (Protkons), Jumat (19/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia untuk Yordania dan Palestina Andy Rachmianto resmi dilantik menjadi Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler (Protkons) oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Jumat (19/6).

Dubes Andy nantinya akan bertanggung jawab dalam bidang tugas keprotokolan, kekonsuleran, perlindungan WNI, dan fasilitas diplomatik.

Baca juga : Dirut Pelindo III Yang Baru Siap Gairahkan Bisnis Pelabuhan

Sesuai Peraturan Pemerintah No.39 Tahun 2018, selain sebagai Dirjen Protkons, secara ex officio, Dubes Andy juga menjabat sebagai Kepala Protokol Negara (KPN).

Selaku KPN, Dubes Andy akan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan keprotokolan acara kenegaraan dan acara resmi. Termasuk, mengatur kunjungan kenegaraan, dan atau kunjungan kerja Presiden dan Wakil Presiden ke luar negeri. Serta pengaturan keprotokolan bagi kunjungan tamu negara ke Indonesia.

Baca juga : Ketua DPR: Protokol Kesehatan di Rumah dan di Sekolah Merupakan Satu Mata Rantai

Sebelumnya, Dubes Andy pernah menjabat sebagai Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata, Kementerian Luar Negeri.

Beliau juga pernah bertugas pada KBRI New Delhi dan PTRI New York, termasuk mengurusi beberapa kali kunjungan Presiden dan Wakil Presiden dalam penugasan tersebut.

Baca juga : Dico Ganinduto Bakal Diduetkan dengan Petahana

“Jabatan baru ini merupakan amanah dan tanggung jawab sebagai pengabdian pada bangsa dan negara. Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan pimpinan Kementerian Luar Negeri,” ungkap Dubes Andy, dalam keterangan resmi yang diterima RMco.id, Sabtu (20/6).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.