Dark/Light Mode

Pandemi Covid-19 Momen Perubahan Strategi Humas

Sabtu, 16 Mei 2020 15:51 WIB
Ketua Umum BPP Perhumas Agung Laksamana.
Ketua Umum BPP Perhumas Agung Laksamana.

RM.id  Rakyat Merdeka - Wabah corona (Covid-19) yang belum diketahui kapan akan berakhir telah menciptakan pola kehidupan yang baru. Kondisi ini mendorong peran Humas untuk ikut beradaptasi dan menyesuaikan strategi dengan kondisi pandemi.

Ketua Umum BPP Perhumas Agung Laksamana menjelaskan, virus Covid-19 sebagai sesuatu yang tidak bisa dikontrol, dalam kondisi ini public relations (PR) harus fokus terhadap sesuatu yang dapat dikontrol.

Ia mengajak Humas untuk fokus dalam melihat peluang. "Penggunaan smartphone dalam masa pandemi ini meningkat. Ini menjadi momentum bagi PR untuk mengikuti akses dalam dunia digital," kata Agung dalam talkshow dan acara awarding terhadap industri PR yang digelar ICONOMICS secara virtual, kemarin.

Baca juga : Bantu Tangani Covid-19, Indonesia Bright Foundation Serahkan APD Ke Empat Rumah Sakit

Dalam acara tersebut juga menghadirkan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate. Agung menegaskan lagi, adanya Covid-19 akan melahirkan hal-hal baru. Adanya digital disruption ini melahirkan tantangan-tantangan baru harus dihadapi oleh dunia PR.

"Harus kita ingat tidak ada pola yang konstan. Semua berubah maka strategi PR harus berubah mengikuti tren konsumen yang berubah-ubah," tegasnya.

Founder & CEO Iconomics Bram S Putro mengatakan dalam kondisi wabah Covid-19 yang mengubah banyak hal. Peran PR sangat dibutuhkan dalam membangun citra dan reputasi perusahaan dan juga bangsa Indonesia. Acara tersebut diharapkan menjadi pendorong bagi para PR untuk makin aktif.

Baca juga : Sudah Nol Covid-19, Bintan Buka Kembali Masjid

"Acara Indonesian Corporate Branding PR Award 2020 ini merupakan ajang apresiasi dari para audiens kepada kerja keras PR yang ada di perusahaan atau lembaga," jelasnya.

Sementara, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate pun berpesan kepada seluruh insan PR untuk ikut menjaga dan merawat Indonesia.

Hal-hal yang dilakukan PR, misalkan membuat citra yang positif untuk Indonesia, memberikan informasi yang objektif dan membawa spirit positif harus dapat dilakukan oleh kita semua.

Baca juga : Efek Covid-19, Jutaan Pernikahan Dini Bakal Terjadi

“Kepada para insan-insan kehumasan Indonesia khususnya yang diberikan atau yang mendapat award saya mengucapkan selamat dan pastikan saat ini adalah saatnya dimana kehumasan mengambil peran yang besar pada saat dunia bergerak dan beranjak dari dunia fisik menuju dunia digital," katanya.

Dia bilang, PR mengambil peran yang penting untuk mengajak masyarakat memanfaatkan kesempatan dimasa-masa pandemi ini l untuk masuk pada era baru yaitu era digital. Sementara itu, acaea penganugerahan Indonesian Corporate Branding PR Award ini melewati proses panjang.

Iconomics melakukan penelitian di lebih dari 40 bidang atau kategori usaha serta ratusan perusahaan. Iconomics juga memberikan penghargaan Person Of The Year untuk personal humas. Mereka antara lain Agung Laksamana dari April Group, Achmad Yurianto dari Kementerian Kesehatan, Arief Prabowo dari PT Telkom dan I Made Suprateka dari PLN (Persero). [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.