Dark/Light Mode

Pede Karena Sukses Gelar Asian Games & Asian Paragames 2018

Indonesia Resmi Ajukan Diri Sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032

Selasa, 19 Februari 2019 10:14 WIB
Dubes RI Bern, Muliaman D Hadad menyerahkan surat Presiden Jokowi yang berisi keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, kepada Executive Director IOC Christophe Dubi di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss, Senin (17/2). (Foto: KBRI Bern)
Dubes RI Bern, Muliaman D Hadad menyerahkan surat Presiden Jokowi yang berisi keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, kepada Executive Director IOC Christophe Dubi di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss, Senin (17/2). (Foto: KBRI Bern)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dubes RI Bern, Muliaman D. Hadad, telah menyerahkan surat asli Presiden Jokowi kepada Presiden International Olympic Committee (IOC), Thomas Bach di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss, Senin (11/2).

Surat tersebut disampaikan, sehubungan dengan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Jokowi sendiri, telah menyatakan keinginan tersebut secara lisan, ketika Bach mengunjungi Indonesia pada 2018.

Baca juga : Menpora Raih Penghargaan Di HPN 2019

Dubes Muliaman mengatakan, aplikasi Indonesia sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032, dapat menjadi kesempatan yang baik untuk menunjukkan ekonomi Indonesia. Terutama, sebagai negara berpenduduk terbesar ke-4 di dunia dan anggota G-20.

"Ini momen yang tepat untuk menunjukkan kapabilitas Indonesia sebagai negara besar. Tentu saja, pengalaman Indonesia di tahun 2018, bisa menjadi pertimbangan," ungkap Dubes Muliaman dalam keterangan tertulis yang diterima Rakyat Merdeka.

Baca juga : Indonesia Andalkan Lapis Kedua

Surat tersebut direspon positif oleh Thomas Bach. Terlebih, Indonesia berhasil mencetak kesuksesan selama perhelatan Asian Games dan Asian Paragames 2018. "IOC sudah mengakui kapabilitas Indonesia pada saat penyelenggaraan Asian Games dan Asian Paragames 2018, yang berjalan sukses. Kami rasa ini menjadi pondasi yang cukup kuat," ujar Executive Director IOC, Christophe Dubi, dalam pertemuan dengan Dubes Muliaman.

Untuk diketahui, proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada tahun 2024. Tokyo, Paris, dan Los Angeles telah ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade berturut-turut pada tahun 2020, 2024, dan 2028. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.