Dark/Light Mode

Joint Cultural Performance Sambut 60 Tahun Hubungan Diplomatik Kamboja-RI

Selasa, 19 Februari 2019 07:31 WIB
Dubes Sudirman Haseng (kedua kanan) bersama Menteri Puan Maharani (tengah), Raja Preah 
Bat Samdech Preah Boromneath Norodom Sihamoni (kedua kiri), dan Guruh Soekarnoputra (kiri) di acara perayaan 60 Tahun hubungan Indonesia-Kamboja. (Foto KBRI Phnom Penh)
Dubes Sudirman Haseng (kedua kanan) bersama Menteri Puan Maharani (tengah), Raja Preah Bat Samdech Preah Boromneath Norodom Sihamoni (kedua kiri), dan Guruh Soekarnoputra (kiri) di acara perayaan 60 Tahun hubungan Indonesia-Kamboja. (Foto KBRI Phnom Penh)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Indonesia dan Kamboja mengadakan Pertunjukan Budaya Bersama, Indonesia-Cambodia Friendship Joint Cultural Performance untuk memperingati 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara, di Chaktomuk Convention Hall, Phnom Penh, pekan lalu. Pertunjukan dihadiri Raja Kamboja Preah Bat Samdech Preah Boromneath Norodom Sihamoni, Menteri Luar Negeri Kamboja Prak Sokhonn dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani serta sekitar 700 tamu undangan lain.

Joint Cultural Performance itu diisi dengan berbagai pertunjukan. Berupa tarian dan nyanyian Indonesia dan Kamboja yang disajikan Balet Kerajaan Kamboja. Selain itu tarian tradisional Indonesia dibawakan kelompok tari Kinarya Gencar Semarak Perkasa yang dibentuk Guruh Soekarno Putra.

Baca juga : Boyong Duo Pianis Awali Perayaan 70 Tahun Hubungan Diplomatik

Selanjutnya, disuguhkan pertunjukan musik dari Pusat Kebudayaan Indonesia di Kamboja (Pusbudi Nusantara) dan Mini Chamber Orchestra yang disusun pianis Indonesia di Kamboja, Metta Legita.

“Ini merupakan joint cultural performance (pertunjukan budaya bersama) terbesar antarkedua negara. Indikasinya adalah Raja Kamboja Norodom Sihamoni berkenan hadir. Selain itu, ada enam menteri serta anggota par- lemen dan senat Kamboja,” ujar Duta Besar RI untuk Kamboja Sudirman Haseng.

Baca juga : Indonesia Perkuat Pengembangan Kapasitas Palestina

Selain Pertunjukan Budaya Bersama, Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik juga akan dirayakan dengan berbagai kegiatan lain, seperti olahraga, pertunjukan seni, seminar dan diskusi, pameran dagang, pemutaran film dan kegiatan terkait lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Kamboja.

“Dengan berkumpul dan berbaurnya masyarakat kedua negara menikmati indahnya perbedaan budaya kedua negara, semoga dapat lebih mempererat rasa persahabatan antara Indonesia dan Kamboja yang pada gilirannya dapat mendorong kerja sama bilateral kedua negara,” pungkas Dubes Sudirman.[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.