Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bakal Dimosi Tidak Percaya

Mahathir: Ayo Kita Lihat Saja

Jumat, 22 Februari 2019 08:54 WIB
Mahathir Mohamad (tengah) bertemu petinggi militer Malaysia, kemarin, didampingi Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad Sabu (kedua kiri). (Foto: Bernama)
Mahathir Mohamad (tengah) bertemu petinggi militer Malaysia, kemarin, didampingi Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad Sabu (kedua kiri). (Foto: Bernama)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menanggapi rumor adanya upaya mengajukan mosi tidak percaya yang ditujukan kepadanya, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad tidak gusar. Rumor mosi tidak percaya ini dihembuskan Sekjen Partai Islam Se-Malaysia (PAS) Takiyuddin Hassan.

“Kita lihat saja, apa memang ada mosi tidak percaya,” ujar Mahathur, Kamis (21/2). “Kita juga akan lihat apakah PAS benar akan mendukung saya atau tidak,” lanjut pemimpin berusia 93 tahun tersebut.

Mahathir tampak tidak khawatir dengan kabar dirinya akan dimosi tidak percaya parlemen Malaysia.

Baca juga : Harga Beras Kita Masih Wajar

Awal pekan ini, PAS menjanjikan akan tetap mendukung Mahathir jika ada pengkhianatan di internal Pakatan Harapan. Takiyuddin, menyebut pengkhianatan kemungkinan datang dari dua partai di koalisi, namun dia menolak menyebutkan kelompok dimaksud.

Menurut Takiyuddin, partainya mengendus sesuatu sedang terjadi di kubu Pakatan Harapan. Hal itu mendorong para pemimpin PAS untuk membahas masalah ini dengan Mahathir pada pekan lalu. Hasil pembahasan, lanjutnya, PAS dan Mahathir meneken draf bahwa 18 anggota parlemen akan mendukung Mahathir jika mosi tidak percaya berlangsung di Dewan Rakyat.

Seorang blogger, Mujahidin Zulkifli, juga mengendus rencana kudeta dari internal Pakatan Harapan terhadap Mahathir. Mujahidin mengaku mendengar rencana itu dari beberapa sumber sejak beberapa pekan lalu.

Baca juga : TNI AD Buka Loker Di JCC

Sementara itu, Partai Pribumi Bersatu Malaysia yang didirikan Mahathir, yakin koalisi Pakatan Harapan tetap solid. Hal itu juga disampaikan dua partai pendukung lainnya yakni Partai Keadilan Rakyat yang diketuai Anwar Ibrahim dan DAP.

Presiden Partai Pribumi Bersatu Malaysia Sri Muhyiddin Yassin menegaskan, ada komitmen kuat dari 4 partai di Pakatan Harapan. Yaitu PKR, DAP, Bersatu, serta Partai Amanah Negara yang tetap mendukung kepemimpinan Mahathir, sampai jabatan itu diserahkan ke Anwar Ibrahim tak lebih dari 2 tahun.

Dia juga tak menangkap adanya gejala kehilangan kepercayaan dari tiga partai lain kepada Mahathir.

Baca juga : Macan Kemayoran Diperkuat Duo Samba

Mahathir bisa digulingkan jika mosi tidak percaya didukung 112 dari total 222 anggota parlemen di Dewan Rakyat. [DAY/The Star]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.