Dark/Light Mode

Trump Tunjuk Donatur Utama Partai Jadi Dubes Di PBB

Sabtu, 23 Februari 2019 13:06 WIB
Kelly Knight Craft (Foto Associated Press)
Kelly Knight Craft (Foto Associated Press)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan tadi malam, mencalonkan Kelly Knight Craft,  untuk mengisi kursi kosong jabatan utusan PBB untuk Amerika Serikat.  Craft saat ini adalah Duta Besar AS untuk Kanada. Wanita asal Kentucky itu, juga pendonor terbesar Partai Republik. Dia akan menggantikan Nikki Haley, yang mengundurkan diri tahun lalu.

Dalam cuitan di Twitter yang mengumumkan pencalonan Craft, Trump mengucapkan selamat. “Saya senang mengumumkan pencalonan Kelly Knight Craft, Duta Besar kami saat ini untuk Kanada, untuk menjadi Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB," cuit Trump.

“Kelly telah melakukan pekerjaan yang luar biasa mewakili Bangsa kita dan saya tidak ragu bahwa, di bawah kepemimpinannya, Negara kita akan terwakili di tingkat tertinggi. Selamat untuk Kelly dan seluruh keluarganya!" 

Baca juga : Ada Karyawan KONI, Jadi Tukang Ojek Online

Pilihan pertama Trump, Heather Nauert, membatalkan pencalonannya pekan lalu. Diberitakan Associated Press, Mantan presenter Fox News itu mengatakan, keputusan tersebut karena alasan keluarga. Tidak diketahui pasti apakah Craft akan memegang jabatan setingkat Kabinet, seperti duta besar sebelumnya, Nikki Haley. Sebelumnya, perlu penetapan Senat.

Ketua Senat Partai Republik Mitch McConnell yang merekomendasi Craft menyambut baik keputusan Trump.

"Kelly Craft adalah advokat yang kuat untuk kepentingan Amerika dan akan menjadi perwakilan yang kuat dari bangsa besar kita di AS," kata McConnell dalam sebuah pernyataan.

Baca juga : 2 Petinggi Waskita Karya Jadi Tersangka KPK

"Dia memiliki catatan panjang pelayanan kepada negara dan bangsanya, Saya yakin dia akan terus melayani, menyampaikan suara Amerika kepada dunia di PBB."

Craft (56) adalah miliuner. Dia eksekutif bisnis dan melakukan kegiatan sosial sebelum menjabat sebagai dubes di Kanada. Suaminya, Joe Craft, adalah presiden dan kepala eksekutif produsen batubara Alliance Resources Partners. Pasangan ini adalah pendonor utama Partai Republik, setelah menyumbang pada 2016, sekitar 1,5jutadolar atau Rp21miliar (1dolar=Rp14.045,50).

Dilansir Washington Post, Keluarga Craft juga menjadi pelanggan utama Trump International Hotel di Washington. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.