Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cerita Sukses Selandia Baru Tangani Corona Empat Bulan

Tantowi Yahya Nyanyi Mantel Banyak Warna

Selasa, 28 Juli 2020 07:50 WIB
Tangkapan layar Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya di acara RMInsight yang diadakan Rakyat Merdeka secara virtual, Senin (27/7). (Foto: Instagram)
Tangkapan layar Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya di acara RMInsight yang diadakan Rakyat Merdeka secara virtual, Senin (27/7). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mau tahu caranya menang melawan corona? Bergurulah ke Selandia Baru. Dalam waktu 4 bulan, negara kepulauan yang terletak di Barat Daya Samudra Pasifik ini, telah mendekarasikan diri bebas corona. Apa resep Selandia Baru melawan corona? Bagaimana peran pemerintah membantu warganya yang terdampak akibat corona? Dubes RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya membeberkan semuanya. Dari A-Z.

Kemarin, Tantowi hadir sebagai narasumber program RMInsight yang ditayangkan secara virtual. Semua informasi disampaikannya secara gamblang. Mulai dari peristiwa besar yang pernah terjadi di negara tersebut hingga perang melawan Covid-19.

Baca juga : Anies-Emil ke Pantai, Ganjar Main ke Candi

“Empat bulan, negeri ini menjadi negeri pertama yang mendeklarasikan bebas Covid. Negeri pertama yang per 8 Juni lalu, sudah hidup dalam alam normal, hingga saat ini,” kata Tantowi, penuh semangat.

Namun, Tantowi sempat menghela napas panjang saat ditanya, apa yang bisa dicontoh Indonesia dari penanganan corona di Negeri Kiwi itu. Menurutnya, antara Indonesia dan Selandia Baru tidak apple to apple. Banyak sekali perbedaannya. Seperti, jumlah penduduk, tingkat pendidikan, dan uang kas negara.

Baca juga : "Saya Tak Mau Hattrick"

“Celengannya sudah besar, penduduknya sedikit. Saya sebut tiga saja, sudah membuktikan perbedaan kita terlalu jauh dengan Selandia Baru. Cerita kesuksesan di sini, tidak bisa kita replikasi di Indonesia, karena banyak perbedaan tadi,” aku politisi Golkar itu.

Menurut Tantowi, ada dua hal yang paling manjur dari kebijakan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern. Pertama, menutup perbatasan untuk menjamin tidak ada importasi virus. Kedua, lockdown yang bertujuan menekan transisi virus lokal. Alhasil, saat perbatasan kembali dibuka, muncul kasus baru.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.