Dark/Light Mode

Ekonomi China Tumbuh Setelah Terkontraksi, RI Termotivasi Tingkatkan Kerja Sama

Sabtu, 15 Agustus 2020 11:08 WIB
Dubes RI untuk China dan Mongolia, Djauhari Oratmangun (Foto: KBRI Beijing)
Dubes RI untuk China dan Mongolia, Djauhari Oratmangun (Foto: KBRI Beijing)

 Sebelumnya 
Beberapa kegiatan diplomasi ekonomi bidang TTI di tengah pandemi Covid-19,  terus dilakukan KBRI Beijing melalui terobosan-terobosan baru dan media virtual bekerja sama dengan mitra di China. Antara lain promosi investasi dan pariwisata secara daring, ataupun penjualan produk Indonesia dengan memanfaatkan platform digital dan influencer.

Langkah-langkah tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan diplomasi ekonomi di KBRI Beijing, yang juga mendukung pelaksanaan tugas Tim Percepatan Pemulihan Ekonomi (TPPE) yang dibentuk Kementerian Luar Negeri.

Baca juga : BRI Sinergi Dengan Telkom Tingkatkan Kualitas Layanan

Selain sektor di atas, KBRI Beijing juga berkomitmen untuk mendorong peningkatan kerja sama di bidang ekonomi digital, serta industri bernilai tambah. Khususnya di sektor kesehatan dan kendaraan listrik, virtual business, dan gaya hidup sehat.

Di sektor ekonomi digital sebagai keunggulan utama China, Indonesia juga merintis dan melakukan kerja sama e-commerce, fintech, dan infrastruktur digital dengan perusahaan-perusahaan terkemuka China. Seperti ByteDance, Meituan Inc, Alibaba Ant Financial, Jumore, JD.com, Baidu Inc, Tencent Holdings Ltd., dan lain-lain.

Baca juga : Pulihkan Ekonomi, BI: Negara G20 Sepakat Tingkatkan Kerja Sama

Saat ini, terdapat 5 unicorn dan 1 decacorn di Indonesia yang sebagian di antaranya bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan China.

Sebagai bagian dari kontribusi China terhadap kemajuan ekonomi digital di Indonesia, KBRI Beijing juga telah menyelenggarakan seminar “Let’s Talk Blockchain” dengan perusahaan digital Tiongkok untuk membahas potensi kerja sama kedua negara di sektor tersebut. [HES]

Baca juga : Menhub Terbitkan Aturan Transportasi The New Normal

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.