Dark/Light Mode

Pakistan Akhirnya Kembalikan Pilot India

Jumat, 1 Maret 2019 23:26 WIB
Pilot pesawat jet tempur India, Abhinandan Varthaman. (Foto: Twitter)
Pilot pesawat jet tempur India, Abhinandan Varthaman. (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Pakistan akhirnya mengembalikan pilot India Komandan Wing Abhinandan Varthaman, yang sebelumnya disekap usai pesawat jet yang diterbangkannya tertembak pada Rabu (27/2). Abhinandan dikembalikan di wilayah perbatasan Wagah

Seperti dikutip Al Arabiya, Abhinandan dibawa dalam konvoi yang berangkat dari Kota Lahore, Pakistan Timur ke perbatasan di Wagah, sejak Jumat (1/3) dinihari. Konvoi tersebut dikawal oleh kendaraan militer yang mengangkut tentara bersenjata lengkap. 

Baca juga : Pakistan Tunda Kepulangan Pilot India Yang Disekap

Serah terima terjadi dengan latar belakang serangan lintas perbatasan yang meletus di seluruh wilayah Himalaya, yang disengketakan di Kashmir. Serangan ini berlanjut selama 4 hari berturut-turut. Bahkan, ketika India dan Pakistan yang bersenjatakan nuklir, berusaha meredakan konfrontasi paling serius dalam dua dekade ini. 

Di wilayah perbatasan Wagah, para polisi India yang berturban terlihat berbaris di sepanjang jalan. Sementara sekelompok warga India, tampak bersorak dan melambaikan bendera nasional India, serta mengacungkan karangan bunga besar untuk menyambut Abhinandan kembali. Sejumlah truk media, juga terlihat dalam kerumunan tersebut.

Baca juga : Senang Akhirnya Ibu Disidang

Pakistan awalnya akan mengembalikan Abhinandan pada Jumat (1/3) siang. Namun, hingga menjelang malam, tak ada tanda-tanda Pakistan memulangkan pilot jet tempur India itu. Kerumunan warga yang awalnya diprediksi mencapai ribuan pun, susut hingga ratusan. Mengapa Abhinandan telat dikembalikan? Kedua negara menutup rapat alasannya. [HES]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.