Dark/Light Mode

Diduga Rancang Serangan dan Penculikan

Turki Tangkap Tokoh ISIS

Selasa, 1 September 2020 21:32 WIB
Intelijen Turki dan polisi kontra terorisme menangkap Ozden dalam sebuah operasi di selatan kota Adana [Foto: Yusuf Koyun / Anadolu]
Intelijen Turki dan polisi kontra terorisme menangkap Ozden dalam sebuah operasi di selatan kota Adana [Foto: Yusuf Koyun / Anadolu]

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepolisian Turki menyatakan telah menangkap tokoh penting The Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL) atau Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), Mahmut Ozden. Kelompok bersenjata ini bahkan diduga sedang merancang serangan baru.

Menteri Dalam Negeri Turki, Suleyman Soylu, seperti dikutip kantor berita Qatar, Al Jazeera pada Selasa (1/9/2020) menyatakan, sebuah operasi penangkapan baru saja dilakukan. Langkah ini diambil, setelah pihak intelijen Turki mendeteksi peningkatan aktivitas kelompok yang bermarkas di Suriah dan Irak itu.

Baca juga : Petugas LP Banceuy Bandung Gagalkan Penyelundupan Paket Narkoba Ke Lapas

"Amir ISIS di Turki baru saja ditangkap. "Dia terus menerima perintah dari Irak dan Suriah untuk melakukan serangan di Turki," kata Soylu di akun Twitter-nya.

Polisi intelijen dan kontra terorisme, lanjutnya, seperti dikutip kantor berita Turki Anadolu, menangkap Ozden dalam sebuah operasi di kota Adana. Aksi penggerebekan itu dilakukan menyusul penangkapan seorang tersangka ISIS di Istanbul pekan lalu, yang diyakini melakukan pengintaian untuk kemungkinan merancang serangan.

Baca juga : Paling Sukses Jalankan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi, Bali Memang Top

Sebuah senapan serbu ditemukan dalam penggeledahan di kamar hotel tempat Ozden menginap. Turki juga melacak informasi, adanya kemungkinan rencana penculikan tokoh politik dan pejabat Turki untuk dibawa ke Suriah.

Polisi Turki memang terus melakukan penggerebekan para anggota ISIL. Pada 19 Juli, Turki menahan 27 orang di Istanbul yang dicurigai memiliki hubungan dengan kelompok tersebut dan mempersiapkan serangan.

Baca juga : ASDP Catat Kenaikan Trafik Penumpang Dan Kendaraan

ISIS telah melakukan banyak serangan di seluruh Turki, termasuk di klub malam di Istanbul pada 1 Januari 2017, mengakibatkan 39 orang tewas. Juga melakukan pemboman di jantung kota yang menewaskan 12 orang pada 2016. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.