Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Petugas LP Banceuy Bandung Gagalkan Penyelundupan Paket Narkoba Ke Lapas

Kamis, 27 Agustus 2020 21:42 WIB
Petugas LP Banceuy Bandung Gagalkan Penyelundupan Paket Narkoba Ke Lapas

RM.id  Rakyat Merdeka - Petugas Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II A Banceuy Bandung menggagalkan penyelundupan narkoba dengan cara dilempar ke dalam lapas.

Jenis narkoba yang dilempar ke dalam lapas itu yakni, 163 butir riklona, 131 butir alprazolam, tiga alat hisap vape, tiga bungkus serbuk yang diduga sebagai bahan baku tembakau gorila, dua liquid vape, serta satu kabel data.

Kepala Lapas Kelas IIA Banceuy Bandung Tri Saptono Sambudji mengemukakan pihaknya sudah menangani penyelundupan itu. Kejadian berawal saat petugas jaga tengah lakukan patroli keliling, sekitar pukul 08.00, Kamis (27/8/2020), dan menemukan benda yang mencurigakan terbungkus plastik hitam di sekitar area pos menara atas 2 dan 3.

Baca juga : Lagi, Bandara Juanda Surabaya Gagalkan Penyelundupan Ribuan Bibit Lobster

"Penggagalan masuknya barang terlarang tersebut diketahui oleh petugas pengamanan lapas yang bertugas di pos menara atas 2 kemudian melaporkan kejadian pelemparan tersebut kepada komandan jaga,” kata Try.

“Kami kemudian berkoordinasi dengan Badan Narkotika Nasional Kota Bandung, serta mengamankan barang bukti untuk diproses lebih lanjut,” katanya.

Ia menambahkan, hingga kini belum diketahui siapa yang melakukan pelemparan termasuk yang memesan barang terlarang tersebut. Dikatakan, pelaku pelemparan memanfaatkan celah dari tembok yang belum ditinggikan oleh pihak lapas.

Baca juga : Luar Biasa, Angkasa Pura I Bangun Semua Bandaranya Pakai Kocek Sendiri

“Saat ini kami tengah melakukan peninggian tembok yang awalnya enam meter menjadi 12 meter, hal itu guna mengantisipasi beberapa area yang belum ditinggikan. Pelaku memanfaatkan celah tersebut,” ungkapnya.

Peninggian tembok penting dilakukan, lantaran aksi pelemparan barang terlarang tidak hanya terjadi sekali. Sejak Januari hingga Agustus 2020, petugas Lapas Banceuy telah menggagalkan 11 kali aksi penyelundupan barang terlarang kedalam lapas, empat diantaranya terjadi selama pandemi Covid-19.

“Dari yang kita temukan, rata-rata sabu. Sisanya adalah obat-obatan terlarang dan tembakau gorila,” cetus Tri.

Baca juga : Mendagri Launching Gerakan 2 Juta Masker Di Kota Depok

Sejumlah aksi percobaan penyelundupan barang haram tersebut membuat pihak Lapas Banceuy meningkatkan keamanan, terutama di pintu utama dengan menggeledah seluruh pengunjung secara detail.

Sehingga dapat meminimalisir masuknya barang-barang terlarang ke dalam lapas khusus narkotika ini.

“Kami juga meningkatkan pengawasan yang ketat di area dalam tembok keliling,” pungkas Try . [D.R]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.