Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

UN Women Gandeng Gojek Tingkatkan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan

Jumat, 11 September 2020 07:19 WIB
Perempuan penyortir biji kopi, di Pabrik Kopi Banaran, Semarang, Jawa Tengah. (Ilustrasi/Foto Mellani Eka Mahayana/RMco.id)
Perempuan penyortir biji kopi, di Pabrik Kopi Banaran, Semarang, Jawa Tengah. (Ilustrasi/Foto Mellani Eka Mahayana/RMco.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan (UN Women) dan Gojek menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mendorong pemberdayaan ekonomi perempuan di Indonesia.

MoU tersebut akan menyediakan kerangka untuk memperkuat sinergi dan advokasi bersama demi mengedukasi lebih banyak perempuan akan hak-hak mereka untuk kesempatan ekonomi yang setara. Meskipun 64,5 persen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia dikelola oleh perempuan, mereka cenderung terkonsentrasi ke usaha dengan produktivitas rendah dan di sektor bernilai rendah dibandingkan dengan usaha yang dikelola oleh laki-laki.

Perempuan di Indonesia menghadapi beberapa tantangan seperti terbatasnya akses pada pengembangan keterampilan, teknologi, serta jaringan bisnis. Hal ini sebagian besar diakibatkan norma dan budaya yang diskriminatif sehingga memberikan hambatan bagi perempuan untuk memulai dan mengembangkan bisnis.

Baca juga : Pengembangan Korporasi Kedelai Di Grobogan Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Tantangan-tantangan ini menjadi semakin meningkat di masa pandemi. Pemberdayaan ekonomi perempuan dapat mendorong kesetaraan gender dan memberi manfaat bagi perempuan, serta keluarga, komunitas, dan negara.

Untuk mendukung pengusaha perempuan, serta mengeluarkan potensi ekonomi perempuan selama pandemi Covid-19 dan setelahnya, kemitraan ini akan mencakup tiga area kerja sama, yaitu: (1) Mendukung kewirausahaan perempuan melalui pengembangan kapasitas dan peningkatan pengetahuan;

(2) Mengumpulkan data baru dan analisis mengenai dampak Covid-19 pada usaha kecil dan mikro, untuk memformulasikan strategi dan kebijakan berbasis data untuk pemulihan ekonomi nasional;

Baca juga : Jessica Mila: Pendidikan Tingkatkan Taraf Hidup Dan Kesejahteraan Perempuan

(3) Mempromosikan keamanan perempuan di ruang publik untuk memastikan partisipasi penuh perempuan dalam kehidupan publik, termasuk dalam mengejar peluang ekonomi.

"Meningkatkan partisipasi ekonomi perempuan dapat membuat perubahan dalam transformasi ekonomi untuk memastikan pertumbuhan yang lebih berkelanjutan dan inklusif di Indonesia," kata Jamshed Kazi, UN Women Representative and Liaison to ASEAN, dalam keterangannya belum lama ini.

"Sering kali, kebutuhan unik perempuan kurang dikenali dan masih sedikit lingkungan yang mendukung pengembangan kesempatan bisnis mereka. Kerja sama kami yang kuat dengan Gojek akan berfokus untuk menggunakan pendekatan yang inovatif dan berbasis data dalam mengubah status quo ini," sambungnya.

Baca juga : Pesantren Jadi Saluran Potensial Penyebaran Teknologi Pertanian

Kazi berharap berkolaborasi memanfaatkan penggunaan informasi dan teknologi yang tepat guna dapat memberdayakan perempuan. Untuk mengatasi hambatan dalam meraih peluang ekonomi. Khususnya di masa pandemi Covid-19.

UN Women bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dan pemangku kepentingan lainnya, agar mereka dapat memasukkan perspektif gender dalam perencanaan respons terhadap Covid-19.  Nila Marita, Chief of Corporate Affairs dari Gojek mengatakan, “Sebagai bagian dari tujuan Gojek untuk menciptakan dampak sosial melalui teknologi, kami berkomitmen untuk mendukung pemberdayaan ekonomi untuk semua orang yang dianggap kurang mampu di dalam masyarakat kita – terutama perempuan," tandasnya. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.