Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Layanan Google Down

Google Classroom Error, Pelajar Girang Karena Nggak Jadi Ulangan

Jumat, 25 September 2020 11:48 WIB
Layanan Google Down Google Classroom Error, Pelajar Girang Karena Nggak Jadi Ulangan

RM.id  Rakyat Merdeka - Layanan aplikasi Google sempat down tadi pagi. Google Meet, Google Classroom, Google Drive, Google Docs dan lainnya tak berfungsi. 

Para pengguna layanan kontan merasa geregetan. Pasalnya, di tengah kondisi pandemi Corona seperti ini, layanan internet menjadi kebutuhan utama. Baik bagi para pekerja, ataupun pelajar yang melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Google Meet error, lemot, indah sekali pagiku,” cuit @yudijantorei salah satu pekerja, di jejaring Twitter, yang dijadwalkan rapat online, Jumat (25/9).

Namun, kondisi ini justru membuat girang pelajar yang jenuh belajar. Google lemot, dianalogikan kondisi ruang kelas yang tidak ada gurunya.

Baca juga : Innalillahi, Jumlah Dokter Meninggal Karena Corona Naik Jadi 109 Orang

“Jaman dulu : Yes gak ada guru / guru nya meeting. Jaman now : Yes Google Meet down / Zoom nge-hang / Wifi gurunya lemot,” cuit @Nirwansyah.

Akun @DSC281O pun tak jauh beda. Ia merasa senang, karena lemotnya jaringan membuat Ulangan Tengah Semester-nya ditunda. “Google Classroom lemot banget, tapi terima kasih. Ulangan gue jadi diundur,” kelakarnya.

DownDetector mencatat keluhan tumbangnya layanan Google muncul pada pukul 07.48 WIB pagi ini, dan memuncak pada pukul 08.03 WIB. Situasi ini, sempat menjadi trending topic di Twitter Indonesia.

Peta outage Down Detector menunjukkan bahwa wilayah yang terdampak tumbangnya layanan-layanan Google antara lain ada di Amerika Serikat dengan persebaran terutama di kota-kota besar seperti Boston, New York, Washington, Philadelphia, Chicago, San Francisco, hingga LA dan Seattle.

Baca juga : Israel Kembali Serang Markas Hamas di Gaza

Negara Asia yang terdampak antara lain adalah Jepang, Filipina, Malaysia, sebagian wilayah Indonesia, Vietnam, Singapura, Korea Selatan. Australia dan sejumlah negara di Amerika Latin seperti Peru, Brasil, Cili, dan Kolumbia pun ikut terdampak.

Sementara negara-negara Eropa dan Afrika relatif aman dari gangguan.

Tech Crunch menyebut, tidak biasanya layanan-layanan Google tumbang bersamaan. Kalaupun tumbang, biasanya hanya satu atau dua platform saja.

Sampai saat ini, belum ada tanggapan dari pihak Google, terkait hal ini.  [BSH]

Baca juga : Gandeng Google Cloud, BRI Bangun Layanan Digital UMKM

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.