Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Surabaya, Tuan Rumah Peringatan Global Hari Habitat Dunia 2020

Selasa, 29 September 2020 23:11 WIB
Direktur Eksekutif UN-Habitat, Maimunah Mohd Sharif dan Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Kuala Lumpur, Malaysia, Agung Cahaya Sumirat usai penandatanganan nota kesepahaman mengenai Surabaya menjadi tuan rumah  Peringatan Global Hari Habitat Dunia.
Direktur Eksekutif UN-Habitat, Maimunah Mohd Sharif dan Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Kuala Lumpur, Malaysia, Agung Cahaya Sumirat usai penandatanganan nota kesepahaman mengenai Surabaya menjadi tuan rumah Peringatan Global Hari Habitat Dunia.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kota Surabaya akan menjadi panggung Peringatan Global Hari Habitat Dunia atau World Habitat Day pad 5 Oktober 2020. Acara ini bekerja sama dengan UN-Habitat, badan PBB yang bergerak di bidang permukiman dan pembangunan kota yang berkelanjutan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basoeki Hadimuljono dengan nota kesepahaman mengenai Surabaya menjadi tuan rumah World Habitat Day. (Foto KBRI Nairobi)

Acara tersebut dikukuhkan dengan nota kesepahaman yang ditandatangani Selasa (29/9/2020) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basoeki Hadimuljono, dan Direktur Eksekutif UN-Habitat, Maimunah Mohd Sharif. Penandatanganan dilakukan secara terpisah. Menteri PUPR di Jakarta, sementara Direktur Eksekutif UN-Habitat di Kuala Lumpur, disaksikam Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Kuala Lumpur, Agung Cahaya Sumirat.

Baca juga : Pertamina Raih Penghargaan Indonesia CSR-PKBL Award 2020

“Kita patut berbangga bahwa banyak Kepala Daerah yang mendapatkan rekognisi internasional atas inovasi dan keberpihakan mereka dalam bidang pembangunan perkotaan berkelanjutan, seperti Ibu Risma, dan Pak Ridwan Kamil yang secara khusus diminta menjadi pembicara utama pada Sidang Majelis UN-Habitat Pertama di Nairobi tahun lalu,” ujar Deputi Wakil Tetap RI kepada UN-Habitat, Jedut Sutoyo.

Terpilihnya Surabaya sebagai tuan rumah ajang bergengsi ini tidak terlepas dari prestasi Walikotanya di bidang perkotaan dan permukiman. Pada peringatan Hari Habitat Dunia 2018, Risma dianugerahi penghargaan Scroll of Honour dari UN-Habitat di markas PBB di Nairobi, Kenya, atas kebijakan tata kota Surabaya yang inklusif. Sehingga, tidak ada penduduk berpendapatan rendah yang merasa tertinggal.

Baca juga : Samsung Raih Penghargaan Global CSR 2020

Beberapa pencapaian Risma lainnya yang mendapatkan pengakuan dari UN-Habitat adalah kebijakannya  manajemen limbah padat. Dan, keberhasilannya dalam mendorong masyarakat untuk mengurangi dan mendaur-ulang limbah rumah tangga.

Pandemi global Covid-19 masih berlangsung. Untuk pertama kalinya, kegiatan yang biasanya dilaksanakan melalui pertemuan fisik dengan ratusan undangan dari para pemangku kepentingan di bidang perkotaan, akan diselenggarakan secara online.

Baca juga : 5 Lokasi Layanan SIM Keliling di Jakarta Hari Ini, Catat Lokasinya

Penganugerahan perghargaan Scroll of Honour tahun ini tetap direncanakan di Surabaya dengan mengundang para pemenang dari mancanegara. Namun dilaksanakan secara sangat terbatas dan dengan pertimbangan dan memperhatikan protokol kesehatan tertinggi. Penyelenggaraan pertemuan secara daring tahun ini memiliki nilai positif. Penyiaran acara secara daring memungkinkan akses bagi seluruh orang dari berbagai belahan dunia lainnya.

World Habitat Day diperingati pada Senin pertama bulan Oktober setiap tahunnya. Peringatan tersebut dimulai pada1986, atas kesepakatan Resolusi Majelis Umum PBB No. 40/202. Bertujuan meningkatkan kesadaran internasional mengenai pentingnya implementasi inisiatif-inisiatif konkret untuk memastikan perumahan yang terjangkau dengani target Pembangunan Berkalanjutan (Sustainable Development Goals). Berbagai kota besar di dunia, seperti New York, Brussels, Dubai, dan Jakarta pernah menjadi tuan rumah kegiatan tersebut. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.