Dark/Light Mode

Bulan Depan, PM Jepang Mau Sambangi Indonesia dan Vietnam

Rabu, 30 September 2020 13:12 WIB
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga. (Foto SCMP)
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga. (Foto SCMP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga berencana melakukan kunjungan ke luar setelah menjabat pada pertengahan Oktober nanti. Negara yang dia pertimbangkan untuk dikunjungi adalah Indonesia dan Vietnam.

Jika rencana ini terwujud, maka Suga dijadwalkan bertemu Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc dan Presiden Joko Widodo. Namun,  Suga masih mempertimbangkan laporan kasus penularan Virus Corona di dua negara ini.

Dua negara di Asia Tenggara ini dipilih karena tidak memiliki jumlah penularan Covid-19 sebesar Amerika Serikat.

Baca juga : Kasian, Rakyat Mulai Kurangi Porsi Makan

Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato menyebut pertemuan empat mata secara langsung antara Suga dan pemimpin negara di Asia Tenggara dinilai penting dalam diplomasi.

Diharapkan, kunjungan Suga dapat mempererat hubungan Jepang dengan Asia Tenggara di tengah ketegangan antara Amerika Serikat dengan China di kawasan Asia.

China dan AS tengah berebut dukungan negara-negara Asia Tenggara di tengah sengketa dagang dan Laut China Selatan. Kunjungan Suga juga berupaya mempromosikan prinsip Indo-Pasifik yang bebas dan adil. Prinsip ini mengusung kebebasan dalam perairan, ruang udara dan penyelesaian sengketa dengan dialog.

Baca juga : ITS Luncurkan Autonomuos Boat, Menhub: Saatnya Indonesia Kuasai Teknologi Maritim

"Ruang lingkup diplomasi di sekitar Jepang kini tengah sulit diprediksi, terutama di tengah ketegangan antara China-AS," ujar Kato dikutip Kyodo, Rabu (30/9).

Vietnamdan Indonesia juga sebelumnya dipilih Shinzo Abe sebagai negara pertama yang disambangi usai terpilih kembali sebagai PM Jepang periode kedua pada 2012. Suga diprediksi bakal mengikuti jejak pendahulunya itu untuk memperkuat ikatan ekonomi dan keamanan di kawasan.

Setelah resmi menjadi PM pada 16 September, Suga sudah melakukan dialog via telepon dengan pemimpin sejumlah negara seperti Presiden AS Donald Trump, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Baca juga : Kemenangan Kedua, Timnas U-19 Indonesia Kalahkan Dinamo Zagreb 1-0

Suga juga berharap bisa bertemu muka dengan para pemimpin negara tersebut sebagai bentuk persahabatan baik. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.