Dark/Light Mode

Generasi Muda Perlu Bekali Diri Soft Skills

Kamis, 1 Oktober 2020 21:03 WIB
Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika Al Busyra Basnur (Foto: Dok. KBRI Ethiopia)
Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika Al Busyra Basnur (Foto: Dok. KBRI Ethiopia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Generasi muda Indonesia perlu mengembangkan kebiasaan mendengarkan orang lain dengan baik, belajar banyak dari berbagai sumber, menyampaikan gagasan dan pendapat, ikut dalam berbagai kegiatan sosial di lingkungan terdekat dan melihat tidak hanya ke atas, tetapi juga ke bawah. Demikian disampaikan Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika Al Busyra Basnur dalam kuliah umum virtual yang disampaikan di depan sekitar 250 mahasiswa baru President University Jakarta Raya, Kamis (1/10). Kuliah umum bertajuk, Emotional Intelligence: The Importance of Soft Skills in International Relations.   

“Dengan mengembangkan sikap dan kebiasaan tersebut, maka akan mudah didapatkan soft skills yang memang sangat dibutuhkan oleh seseorang dalam bersikap terutama untuk mengembangkan karier lebih baik,” kata Dubes Al Busyra, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (1/10).

Baca juga : Literasi Bukan Seremoni, Perlu Komitmen dan Karya Nyata

Duta Besar yang pernah dua kali mengikuti program pertukaran pemuda Indonesia-Kanada itu juga menjelaskan pentingnya soft skills dalam melakukan berbagai hubungan dan kerjasama internasional. Soft skill adalah suatu kepribadian, atribut personal dan kemampuan seseorang berkomunikasi dengan baik dalam berinteraksi dengan lingkungan. Sementara, hard skills adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan tertentu dan spesifik. 

Duta Besar Al Busyra menjelaskan, kesuksesan seseorang di dalam karier ditentukan 80 persen oleh soft skills dan 20 persen oleh hard skills. Namun demikian, kedua skills tersebut perlu saling memperkaya.  

Baca juga : PMI Terima Bantuan Bertahap Dari Coca Cola

Sementara itu, dosen President University Muhammad AS Hikam menjelaskan berbagai teori, fakta, dan pentingnya soft skills bagi mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk sukses dalam karier setelah tamat kuliah nanti. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.