Dark/Light Mode

Dubes RI Di Brunei, Lihat Keadaan PMI

Sabtu, 9 Maret 2019 23:19 WIB
Duta Besar Sujamitko (berkacamata tengah) dan pekerja Migran di Temburong, Brunei.
Duta Besar Sujamitko (berkacamata tengah) dan pekerja Migran di Temburong, Brunei.

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam Dr Sujatmiko melakukan kunjungan kerja ke Temburong. Daerah paling timur Negara Brunei Darussalam yang dipisahkan sebagian wilayah Sarawak, Malaysia. Dalam kunjungan pada 6 Maret itu, Duta Besar mengunjungi para Pekerja Migran Indonesia (PMI) alias TKI dan sowan ke Pemangku Pegawai Daerah Temburong, Mohamad Yassin bin Haji Ahmad.

Di Temburong, Dubes Sujatmiko mengunjungi tempat kerja PMI yaitu perusahaan perkayuan (KHY Sunukoh dan Timber Company Sdn Bhd) serta perusahaan konstruksi (Lau Koh Enterprise). Total 30 PMI bekerja di tiga perusahaan itu. Mereka berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Baca juga : Kebebasan Dibatasi Kebebasan

Kunjungan tersebut disambut dengan antusias, baik dari pihak perusahaan maupun dari pihak PMI. Pertemuan berlangsung akrab. “Baru kali ini ada Duta Besar yang mau berkunjung ke sini, para pekerja senang sekali”, ujar Sarah, istri dari pemilik perusahaan KHY Enterprise.

Selanjutnya, Dubes Sujatmiko berpesan kepada para PMI agar bekerja dengan baik demi keluarga di Indonesia. Dia juga mengingatkan agar seluruh PMI tersebut ikut serta dalam pemilu pada Minggu, 14 April 2019, di KBRI.

Baca juga : 225 WNI Di Brunei Siap Kawal Pesta Demokrasi

“Kunjungan kami ini membuktikan bahwa negara hadir dalam Perlindungan WNI/PMI di manapun berada sesuai Nawa Cita Presiden Joko Widodo. Semua PMI di sini bekerja dengan baik, memperoleh gaji yang tinggi. Kami berharap perusahaan terus maju, produksi semakin banyak, income-nya bertambah banyak, sehingga mudah-mudahan gaji pekerja juga bisa dinaikkan," tutur Sujatmiko yang diamini para pekerja Indonesia.

Turut hadir dalam kunjungan ke Temburong: Atase Tenaga Kerja Budi Wikaningtyas. Budi berharap agar ada penyambung lidah KBRI untuk menyampaikan pesan kepada teman-teman PMI di Daerah Temburong, khususnya di bidang Konstruksi. Juga diharapkan agar para PMI dapat mengikuti program jaminan sosial ketenagakerjaan, selain asuransi pekerja yang wajib diikutsertakan pihak perusahaan.

Baca juga : Dubes Andy Lawatan Resmi Ke Ramallah, Bertemu PM Hamdallah

Dalam pertemuan dengan Pegawai Daerah Mohamad Yasin,Sujatmiko menyampaikan apresiasi atas fasilitasi dan dukungan Pemerintah Brunei bagi WNI di Temburong. Kedua pihak juga membahas penjajakan kerja sama kedua negara di Temburong, khususnya di bidang pariwisata dan pertanian/peternakan. Diharapkan kerja sama ini akan terus meningkat terutama dengan peresmian pembentukan Otoritas Kemajuan Daerah Temburong oleh Pemerintah Brunei dalam rangka memajukan daerah tersebut.

Sebagai salah satu negara dengan pendapatan tinggi, Brunei menjadi salah satu destinasi pekerja migran Indonesia. Berdasarkan catatan KBRI, terdapat sekitar 80 ribu warga Indonesia di negara yang berpenduduk 423 ribu orang tersebut. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.