Dark/Light Mode

2021 Zayed Award for Human Fraternity

Bersama Mantan Dubes RI Moskow Hamid Awaludin, JK Ketemu Paus Fransiskus

Jumat, 23 Oktober 2020 23:41 WIB
Wapres RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (kanan), berjabat tangan dengan Paus Fransiskus di perpustakaan pribadinya di Vatikan, Jumat (23/10). (Foto: KBRI Untuk Takhta Suci/Vatikan)
Wapres RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (kanan), berjabat tangan dengan Paus Fransiskus di perpustakaan pribadinya di Vatikan, Jumat (23/10). (Foto: KBRI Untuk Takhta Suci/Vatikan)

 Sebelumnya 
Jusuf Kalla dan Hamid Awaludin juga berkesempatan untuk melihat Sistine Chapel dan Taman Borobudur (Borobudur Garden), sebuah ekshibisi permanen di Museum Etnologi Vatikan hasil kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Museum Etnologi Vatikan, yang diresmikan pada 4 Oktober 2017.

Pada kesempatan ini, Jusuf Kalla dan delegasi didampingi oleh Kuasa Usaha Sementara KBRI untuk Takhta Suci Lina Yani Dilliane dan Romo Markus Solo, pejabat Takhta Suci yang berkewarganegaraan Indonesia.

Baca juga : Gelar Natal Bersama, Relawan Jokowi Ajak Perkuat Toleransi

Keberadaan Taman Borobudur merupakan salah satu bentuk promosi kekayaan budaya Indonesia kepada dunia internasional. Taman Borobudur yang salah satu bagiannya merupakan Museum Etnologi Vatikan, dikunjungi tidak kurang dari enam juta wisatawan tiap tahunnya di masa normal.

Selain itu, kehadiran Taman Borobudur juga merupakan simbol kerukunan umat beragama. Karena miniatur candi tempat beribadah umat Buddha dipersembahkan oleh Indonesia, yang mayoritas penduduknya beragama Islam dan ditempatkan di sebuah museum di Vatikan, yang merupakan pusat Gereja Katolik dunia.

Baca juga : Prancis Masih Pandemi, Belajar Bahasa Indonesia Pun Digelar Daring

Kunjungan Jusuf Kalla dan delegasi ke Roma dan Vatikan dilakukan selama tiga hari pada 21-23 Oktober 2020. Saat kedatangan dan kepulangan, Jusuf Kalla dan delegasi didampingi oleh Dubes RI untuk Italia, Esti Andayani, beserta staf dari KBRI Roma. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.