Dark/Light Mode

Topan Goni Hantam Filipina, 4 Meninggal

Minggu, 1 November 2020 13:28 WIB
Warga mengungsi di pusat evakuasi sementara di Provinsi Catanduanes, Filipina timur, Minggu (1/10/2020). (Foto Philippine Red Cross via AP)
Warga mengungsi di pusat evakuasi sementara di Provinsi Catanduanes, Filipina timur, Minggu (1/10/2020). (Foto Philippine Red Cross via AP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Topan terdahsyat di Asia, Topan Goni melemah setelah menerjang bagian selatan pulau utama Filipina, Luzon pada hari Minggu (1 November). Akibat bencana alam itu para pejabat melaporkan setidaknya empat orang meninggal. Topan juga mengakibatkan kerusakan akibat banjir bandang serta pemadaman listrik.

Menurut biro cuaca,  kecepatan topan melemah 215kmh hingga 290kmh setelah menyapu di Region Bicol. Menurut Gubernur Provinsi Albay, Al Francis Bichara, 4 orang meninggal di Bicol, termasuk satu anak tertimpa pohon dan satu anak lagi hanyut di sungai yang meluap.

Baca juga : Topan Terdahsyat di Asia Hantam Filipina, 1 Juta Orang Dievakuasi

Badan penanggulangan bencana tidak dapat mengkonfirmasi laporan tersebut. Rekaman video saluran berita dan media sosial menunjukkan sungai meluap dan beberapa tanggul hancur, menenggelamkan desa-desa di Bicol.

Bichara juga menerima laporan tentang aliran lumpur vulkanik, tidak adanya pasokan listrik, dan pemadaman layanan komunikasi.

Baca juga : Firli Direndahkan Senior

Di Quezon, Gubernur Danilo Suarez mengatakan pasokan listrik di 10 kota terputus karena banyak pohon tumbang.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.