Dark/Light Mode

Kopi Spesialti Indonesia Gempur Finlandia

Kamis, 5 November 2020 20:14 WIB
Kopi Spesialti Indonesia Gempur Finlandia

RM.id  Rakyat Merdeka - Beberapa pengusaha kopi Indonesia mengadakan pertemuan virtual dengan mitranya dari Finlandia demi memperkuat hubungan ekonomi kedua negara lewat kopi Indonesia yang telah menggempur negara Nordik itu.

Pertemuan itu berlangsung Rabu (4/11/2020). Difasilitasi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia berkolaborasi dengan KBRI Helsinki. Dalam pidato sambutannya Dubes/Diplomat Ahli Utama Kemlu, Prayono Atiyanto, mengatakan, pihaknya menghadirkan pemain kopi Indonesia agar ketemu langsung dengan mitranya pengusaha Finlandia.

”Oleh karena itu judul pertemuan kami sangat konkret. Link and match,” ujar Dubes Prayono Atiyanto membuka Webinar bertajuk “Indonesian Coffee Specialty-Finland”.

Dubes/Diplomat Ahli Utama Kemlu Pramono Atiyanto.

Ia juga menyatakan kegembiraannya bahwa kopi Indonesia telah diperkenalkan ke Finlandia melalui berbagai kesempatan. Salah satu wirausaha Finlandia, Reija Paakinen CEO Mokkamestarit Oy Coffee Roasting Company mengatakan, kopi Indonesia sebenarnya telah dikenal di Finlandia. Oleh karena itu, perdagangan langsung perlu menjadi pertimbangan.

“Masyarakat Finlandia sangat menghargai kesejahteraan para petani mengingat merekalah yang menjaga alam bumi,” kata Reija. Perempuan itu sudah 9 tahun berbisnis dengan eksportir kopi asal Toba Sumatera, Merapi Yogyakarta dan Kintamani Bali.

Barista dari Finlandia Jarno Perakyla

Baca juga : Golkar: Trump Atau Biden, Indonesia Tetap Sahabat AS

Komentar senada dilontarkan juara kopi Barista 2016, Jarno Perakyla. Sebagai seorang barista dan roastery yang tidak pernah absen mengikuti kejuaraan barista dunia sejak 2014 ia mengatakan, pelanggan yang sering mengunjungi kafe dan bistronya sering mencari kopi khas Indonesia.

“Jenis kopi ada bermacam-macam dan masing-masing memiliki aroma dan rasa yang khas,” kata Jarno.

Erly Wijayani, Sekretaris Pertama/Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI KBRI Helsinki menyatakan, pertemuan virtual ini merupakan salah satu wadah untuk memajukan sektor ekonomi Indonesia.

“Kami yakin pertemuan hari ini akan menghasilkan kesepakatan bisnis yang bermanfaat dan nyata antara semua pihak terkait yang bermanfaat bagi Indonesia dan Finlandia,” ujar Erly Wijayani.

Webinar yang dipandu Dubes Djumantoro Purbo ini mendengarkan beberapa presentasi tentang ciri pemrosesan khas kopi Indonesia. Natanael Charis, CEO Morning Glory Coffee asal Bandung memperkenalkan perkebunan biji kopi di Indonesia. Ini mencakup sejarah biji kopi di dalam negeri hingga konsep produksi kopi berkelanjutan yang direkomendasikan kepada petani dan produsen kopi.

Dubes Jumantoro Purbo

Baca juga : Academy Digital Motorsport Indonesia, Wadah Pembinaan Balap Virtual

Diskusi juga mendengarkan paparan dari Ryo Limijaya dari Anomali Coffee tentang strategi Gunung Halu. Semuanya berawal dari ”sustainable”, harus berwawasan pelestarian. Pendek kata kegiatan yang dilakukan Anomali adalah pelatihan kepada para petani untuk memproduksi ”green beans” dengan standar "spesialti”.

Anomali juga membangun fasilitas pengeringan untuk proses pascapanen untuk mendapatkan produk yang lebih berkualitas dan beragam. Perusahaan kopi ini juga membeli biji kopi dari petani dengan harga yang wajar untuk mensejahterakan petani.

Daroe Handoyo pakar kopi sekaligus Direktur Business Development dari PT Dellysa Prima Indonesia mengatakan, program kopi telah dikaitkan dengan agro wisata dan kebudayaan Indonesia. Menurutnya kopi tidak semata-mata komoditi tetapi mempunyai nilai ekonomi, sosial dan kultural. Kopi yang dikonsumsi dan untuk usaha itu umumnya terdiri dari proses budidaya, proses penanaman, pascapanen, roasting, dan penyajian.

Sebaiknya menurut Daroe orang Finlandia tahu proses penggarapan kopi di Indonesia. Jadi barista itu tidak hanya bisa bikin kopi, tetapi harus mengetahui filosofinya dan mampu menceritakannya kepada publik.

Di akhir pertemuan diberitakan, perusahaan Anomali Kopi Indonesia telah mengirimkan contoh green beans kepada KBRI Helsinki. Biji kopi ini siap digunakan untuk acara coffee cupping dengan roaster dari Finlandia.

Baca juga : Pemerintah Tak Larang Produk Asal Prancis

Morning Glory Coffee juga akan mengirimkan biji kopi dengan sistem konsinyasi atau titip jual. Sebagai catatan konsumsi kopi warga Finlandia tertinggi di dunia. Dengan populasi 5,51 juta jiwa dan income per kapita 48,7 ribu dolar AS/tahun, negara ini merupakan pasar kopi sangat menggiurkan.

Orang Finlandia dikenal sebagai salah satu peminum kopi terbanyak, dengan konsumsi rata-rata 14 kg per kapita per tahun. Data online pada data statistik UN Comtrade tahun 2019 menyokong pernyataan ini: konsumsi kopi salah satu negara Skandinavia dekat kutub utara itu rata-rata 14 kg per kapita per tahun. Fakta ini menempatkan Finlandia pada posisi penikmat kopi nomor wahid di dunia.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.