Dark/Light Mode

Joe Biden Siapkan Pidato Kemenangan

Sabtu, 7 November 2020 09:58 WIB
Kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat, Joe Biden (Foto: Instagram)
Kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat, Joe Biden (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kandidat Presiden AS Joe Biden dari Partai Demokrat, kini berada di titik puncak untuk memenangkan kursi kepresidenan, setelah membukukan keunggulan tipis atas Presiden Donald Trump di negara-negara medan pertempuran kritis.

Keunggulan di Pennsylvania, Nevada, dan Georgia memperbesar peluang Biden untuk mendapatkan 270 suara elektoral, guna memuluskan langkah ke Gedung Putih.

Pemenang Pilpres tahun ini akan memimpin negara AS  serangkaian tantangan bersejarah. Termasuk, pandemi Covid-19 yang terus melonjak dan polarisasi politik yang semakin dalam.

Titik penting kemenangan Biden ada di Pennsylvania. Di negara bagian itu, mantan Wakil Presiden era Barack Obama mencatat keunggulan lebih dari 16 ribu atas Trump.

Baca juga : Ini 6 Jurus Ampuh OJK Tingkatkan Imun Di Sektor Keuangan

Di Nevada, pada H+3 Pemilu, Demokrat unggul sekitar 22.000 suara.

Proses panjang Pilpres ini menambah kecemasan publik AS terhadap konflik ras dan budaya di negara tersebut.

Selagi penghitungan suara berlanjut, Biden anteng di kampung halamannya, Wilmington, Delaware. Ajudannya mengatakan, Biden akan menyampaikan pidato kemenangan pada saat yang tepat.

Sementara Trump yang memantau dari Gedung Putih, tak terlihat batang hidungnya di muka publik. Terutama, setelah media mengumumkan keunggulan Biden di Pennsylvania, negara bagian yang mestinya ia menangkan.

Baca juga : BI dan Bank Singapura Perkuat Kerja Sama Tukar Mata Uang

Seperti dilansir AP, penghitungan suara di 4 negara bagian: Georgia, North Carolina, Pennsylvania, dan Nevada masih terus berlangsung. Terlalu dini untuk mengumumkan pemenangnya.

Selisih suara antara Biden dan Trump di 4 negara bagian itu terbilang kecil. Jumlah surat suara yang belum dihitung pun, masih banyak.

Di Pennsylvania, para petugas tidak diizinkan memproses surat suara via pos hingga Hari Pemilihan, berdasarkan undang-undang negara bagian.

Di Nevada, ada sejumlah surat suara sementara yang disetor pemilih saat mendaftar pada Hari Pemilihan.

Baca juga : Siapapun Presidennya, Indonesia Pemenangnya

Dalam hal ini, petugas harus memverifikasi kelayakannya. Penghitungan ulang, dapat dilakukan di Pennsylvania dan Georgia. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.