Dark/Light Mode

10 Fakta Soal Joe Biden

Sabtu, 7 November 2020 21:26 WIB
Joe Biden bersama istri, Jill. (Foto Associated Press/Andrew Harnik)
Joe Biden bersama istri, Jill. (Foto Associated Press/Andrew Harnik)

RM.id  Rakyat Merdeka - Joe Biden adalah politisi kawakan Amerika Serikat (AS). Ia malang melintang selama 36 tahun di Senat dan delapan tahun sebagai Wakil Presiden AS.

Kehidupan Biden yang diwarnai beberapa berita sepak terjangnya di pemerintahan Barack Obama, sebagai wakil presiden, hingga tragedi yang menimpa keluarganya.

Kini, Biden selangkah lagi menuju Gedung Putih. Dengan perolehan sementara, dilansir Associated Press, pada Sabtu siang (6/11), Biden sudah mengumpulkan 264 suara elektoral (electoral vote).

Apa yang kita ketahui soal orang yang bakal jadi Presiden AS ke-46 ini? Berikut sejumlah fakta seputar Biden dirangkum Guardian.

Baca juga : Yuk, Cek Fakta Seputar Vaksin

1. Dia sempat gagap saat masih kecil. Biden kecil yang menghabiskan waktunya tumbuh di Scranton, Philadelphia, ternyata pernah diolok teman-teman sekelasnya karena gaya bicaranya yang terbata-bata. Biden kecil yang berusia 10 tahun ini diejek 'bye-bye' oleh sebayanya karena tidak mampu mengucapkan nama belakangnya dengan benar.

2. Main American Football saat SMA. Bidan bermain American Football di Archmere Academy, sebuah sekolah Katolik setingkat sekolah menengah atas. Dia menjadi wide receiver dan pelari belakang, dan berhasil menangkap 19 operan touchdown yang mengesankan.

3. Terdaftar ikut Perang Vietnam tapi gagal tes kesehatan. Biden muda menyelesaikan sekolah hukum di Universitas Syracuse dan kemudian direkrut untuk dinas dalam Perang Vietnam. Tapi dia gagal dalam tes kesehatan karena asmanya.

4. Jika terpilih, Biden (77) adalah presiden tertua yang dilantik AS. Dia mengatakan harus memilih wakil presiden yang akan dapat mengambil alih Gedung Putih mengingat usianya. "Tapi bagi saya, harus dibuktikan bahwa siapa pun yang saya pilih mampu menjadi presiden karena saya sudah tua.

Baca juga : Pirlo Nggak Sabar Ketemu Barcelona

5. Pertama kali nyalon pada 1987 dan kemudian 2008 Biden memutuskan mengundurkan diri pada pencalonan 2008 dan menjadi pasangan Barack Obama.

6. Pernah mengalami tragedi keluarga. Biden sempat kehilangan istri pertamanya Neilia dan bayi perempuannya Naomi dalam kecelakaan mobil pada 1972. Kedua putranya, Beau dan Hunter juga berada di dalam kendaraan tetapi selamat. Putra tertuanya, Beau, meninggal karena kanker otak pada 2015.

7. Film Favoritnya Chariots of Fire. Dalam sebuah wawancara pada 2008, Biden mengatakan "Chariots of Fire" sebagai film favoritnya.

8. Suka es krim. Biden mengaku suka makanan manis dan suka memanjakan diri dengan memakan es krim. Dalam komentar pada 2016, dia berkata: "Nama saya Joe Biden dan saya suka es krim." Dia menambahkan: “Saya tidak minum. Saya tidak merokok. Tapi saya makan banyak es krim."

Baca juga : Trump Ejek Joe Biden Made in China

9. Pernah membeli anak anjing pada 1967 untuk mendiang istrinya Neila dan menamainya, Senator. Biden saat ini memiliki dua anjing, si Mayor dan Champ. 

10. Biden menikah kembali pada 1977 dengan istrinya Jill Tracy Jacobs. Pasangan itu diperkenalkan dalam kencan buta pada 1975 dan Biden harus melamar lima kali sebelum dia setuju untuk menikah dengannya.

Biden sering dengan bangga menyebut dirinya sebagai 'suami Jill Biden' dan setelah mendapatkan nominasi Demorat. “Pikirkan saja pendidik favorit Anda yang memberi Anda kepercayaan diri untuk percaya pada diri sendiri, seperti itulan Ibu Negara Jill nantinya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.