Dark/Light Mode

Anggap Wajar Tuntutan Trump

Bush Ucapkan Selamat Dan Doakan Yang Terbaik Untuk Biden

Senin, 9 November 2020 18:00 WIB
Anggap Wajar Tuntutan Trump Bush Ucapkan Selamat Dan Doakan Yang Terbaik Untuk Biden

 Sebelumnya 
Menurutnya, di tengah situasi ini, Amerika menuntut yang terbaik dari Presiden terpilih Biden dan Wakil Presiden terpilih Harris, serta seluruh rakyat negeri itu.

"Kita harus bersatu demi keluarga dan tetangga kita. Untuk bangsa kita, dan masa depannya. Laura dan saya berdoa untuk para pemimpin kami dan keluarga mereka. Kami meminta berkat Tuhan yang berkelanjutan, untuk negara ini. Kami mendorong semua warga Amerika, untuk bersama kami, mendoakan Presiden dan Wakil Presiden kami berikutnya. Sehingga, mereka dapat mempersiapkan diri untuk menjalankan tugas penting mereka," papar Trump.

Tahun 2000, Bush terpilih setelah menang tipis dari Al Gore, dengan selisih suara yang jauh lebih kecil ketimbang Biden.

Baca juga : Trump Belum Bisa Terima Kemenangan Biden

Bush menang dengan meraup 271 suara elektoral, atau hanya terpaut 5 angka dari Al Gore yang mengantongi 266 suara elektoral. Ketika itu, muncul sengketa terkait pemenang 25 suara elektoral di Florida. Terutama, karena perbedaan 537 suara di Florida, yang membuat Bush memenangkan pemilu tersebut.

"Trump punya hak mengajukan tuntutan hukum dan minta penghitungan ulang. Tapi, kemenangan Biden sudah clear. Seluruh rakyat AS juga percaya Pilpres ini telah berlangsung fair, dengan mengedepankan integritas. Hasilnya pun clear," tandas Bush.

Sejak melepas jabatan Presiden pada 2009, Bush memang tak aktif di kancah politik. Dia hanya sesekali tampil di jalur kampanye, saat adiknya yang mantan Gubernur Florida Jeb Bush ikut dalam pemilihan kandidat Presiden AS dari Partai Republik bersama Trump dan lainnya.

Baca juga : Organisasi Guru Apresiasi Calon Kepala Daerah Yang Perhatikan Mutu Pendidikan

CNN dan media arus utama lain di AS memproyeksikan Biden sebagai pemenang Pilpres 2020 pada Sabtu (7/11). CNN memprediksi, Biden memenangkan 279 suara elektoral. Atau unggul 65 suara dibanding Trump dengan asumsi suara di Alaska, Arizona, Georgia, dan North Carolina belum dihitung.

Dalam pidato kemenangannya di Wilmington, Delaware, Sabtu (7/11) malam, Biden berjanji memperbaiki kondisi bangsa yang terpolarisasi cukup dalam.

"Mari kita saling memberi kesempatan," ujar pria yang akan berulang tahun ke-78 pada 20 November mendatang, kepada pendukung Trump. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.