Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Survei Di 11 Negara Dirilis Rusia, Mayoritas Responden Indonesia Ingin Vaksinasi Corona

Selasa, 17 November 2020 23:30 WIB
Foto Ilustrasi: sputnikvaccine.com
Foto Ilustrasi: sputnikvaccine.com

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 73 persen responden dari 11 negara, menyatakan bersedia divaksinasi virus Corona. Termasuk Indonesia. Selain itu, mereka yang mengenal vaksin Sputnik V, Rusia dan bersedia divaksinasi, jumlahnya bahkan lebih tinggi. Yakni 4 dari setiap 5 responden.

Hal survei ini diumumkan secara resmi oleh Dana Investasi Langsung Rusia (Russian Direct Investment Fund, RDIF), Senin (16/11/2020) waktu setempat. Jumlah responden survei ini mencakup 12.000 responden di 11 negara, terkait vaksinasi virus Corona dan preferensi dalam pemilihan vaksin.

Peningkatan proporsi orang yang sadar akan vaksin Rusia dan bersedia divaksinasi, lanjut rilis tersebut, antara lain menunjukkan tingginya tingkat kepercayaan Rusia sebagai produsen vaksin global.

Berikut adalah sejumlah temuan utama dari polling tersebut:

Baca juga : Dubes Al Busyra Promosikan Trade Expo Indonesia Ke-35 di Ethiopia

• Platform vektor adenoviral manusia, yang menjadi dasar vaksin Sputnik V, hampir sembilan kali lebih andal daripada platform adenovirus non-manusia.

• Survei dilakukan dari 9-19 Oktober oleh YouGov, grup analisis dan data penelitian Inggris terkemuka. Ini termasuk orang-orang dari Brasil, Vietnam, Mesir, India, Indonesia, Malaysia, Meksiko, Nigeria, UEA, Arab Saudi, dan Filipina. Lebih dari 2,5 miliar orang tinggal di negara-negara ini, atau lebih dari 30% populasi dunia. Survei tersebut menjadi salah satu yang terbesar tentang topik ini dan survei global pertama yang melibatkan negara-negara Timur Tengah dan Asia Tenggara.

• Survei dilakukan sebelum pengumuman bahwa vaksin Sputnik V 92% efektif melindungi orang dari COVID-19, menurut hasil uji coba sementara.

• Hasil survei penting di Indonesia

Baca juga : Miris, Masa Hanya 32 Persen Responden Jalani 3M Sepaket

• Mayoritas peserta uji coba positif tentang vaksinasi terhadap virus corona (64% responden).

. Di antara mereka yang mengetahui vaksin Sputnik V Rusia, persentase mereka yang bersedia divaksinasi bahkan lebih tinggi - lebih dari 70% dari mereka yang disurvei.

• Di Indonesia, terdapat kepercayaan yang tinggi terhadap vaksin adenovirus manusia (platform Sputnik V) karena lebih dari 85% responden vaksin lebih memilih platform ini daripada platform adenovirus non-manusia

• Rusia menempati peringkat di antara 3 negara produsen vaksin teratas (baik di antara negara-negara yang disebutkan oleh responden di tempat pertama, yang dianggap paling dapat dipercaya, dan dalam hal jumlah total referensi).

Baca juga : Jalani 11 Laga Di Kroasia, Timnas Indonesia Siap Pulang Ke Tanah Air

• Lebih dari 30% responden mengetahui vaksin Sputnik V Rusia. [RUS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.