Dark/Light Mode

Serahkan Surat-Surat Kepercayaan, Dubes Kama Targetkan Peningkatan Perdagangan RI-Swedia

Kamis, 19 Nopember 2020 22:22 WIB
Dubes Kama menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan kepada Raja Swedia Carl XVI Gustaf melalui Chief of Protocol Kementerian Luar Negeri Swedia, Ambassador Maria Christina Lundqvist.(Foto Dok RMco.id)
Dubes Kama menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan kepada Raja Swedia Carl XVI Gustaf melalui Chief of Protocol Kementerian Luar Negeri Swedia, Ambassador Maria Christina Lundqvist.(Foto Dok RMco.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia untuk Swedia dan Latvia, Kamapradipta Isnomo, telah menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan kepada Raja Swedia, dengan pengaturan khusus melalui Chief of Protocol Kementerian Luar Negeri Swedia, Ambassador Maria Christina Lundqvist. Pada Kamis, 19 November 2020, bertempat di kantor Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Swedia di Stockholm.

Pengaturan khusus ini dilakukan di tengah masa pandemi, sehingga tidak memungkinkan untuk bertemu langsung dengan Raja Swedia, Carl XVI Gustaf. Dilansir Kedutaan Besar Republik Indonesia/KBRI Stockholm, dengan penyerahan Surat-Surat Kepercayaan itu  menandakan bahwa Dubes Kama telah resmi dapat menjalankan tugas diplomatiknya di negara akreditasi, Swedia.

"Diplomasi Ekonomi menjadi tujuan utama dalam masa kedinasan saya, dan semoga sektor bisnis, perdagangan, dan investasi dapat semakin ditingkatkan antara Indonesia dan Swedia," ujar mantan Direktur Sosial Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang, Direktorat Jenderal Kerja Sama Multilateral Kemlu itu .

Berita Terkait : Terapkan Program ISED, Pemerintah Gandeng Jerman Bangkitkan Wisata Lombok

Kama juga menyampaikan salam hangat dari Presiden RI kepada Raja melalui Ambassador Maria. Dalam masa penugasannya, diplomat yang pernah bertugas di Konsulat Jenderal RI Melbourne itu memiliki prioritas. 

1. Berfokus pada diplomasi ekonomi dengan target peningkatan perdagangan RI-Swedia;

2. Peningkatan dalam kerja sama riset dan teknologi, khususnya dalam riset dan produksi bersama industri kesehatan;

Berita Terkait : BI dan Bank Singapura Perkuat Kerja Sama Tukar Mata Uang

3. Peningkatan kerja sama pertahanan; kerja sama universitas/perguruan tinggi; dan peningkatan wisatawan Swedia ke Indonesia.

Kama tiba di Stockholm, pada 29 Oktober 2020, setelah dilantik sebagai Duta Besar RI untuk Kerajaan Swedia merangkap Republik Latvia oleh Presiden Joko Widodo pada14 September 2020. Kedatangannya di tengah pandemi Covid-19, membuat acara perkenalannya dengan masyarakat Indonesia digelar secara virtual pada 7 November 2020. 

Kama adalah seorang diplomat karier dari Kementerian Luar Negeri. Sebelum penugasan ke Swedia, ia telah ditempatkan di Perutusan Tetap RI untuk PBB di New York dan Jenewa serta Konsulat Jenderal RI di Melbourne, Australia.[MEL]