Dark/Light Mode

Dua Aktivis RI Masuk Daftar 100 Wanita Paling Berpengaruh BBC

Selasa, 24 November 2020 23:26 WIB
Salsabila Khairunnisa (kiri) dan Febfi Setyawati. (Foto Dok RMco.id)
Salsabila Khairunnisa (kiri) dan Febfi Setyawati. (Foto Dok RMco.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aktivis Indonesia Febfi Setyawati dan Salsabila Khairunnisa masuk dalam daftar BBC 100 Women 2020. Keduanya bersanding dengan nama-nama beken seperti aktris asal Amerika Serikat (AS) Jane Fonda, Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin, aktris Malaysia Michelle Yeoh, aktris Pakistan Mahira Khan dan pembuat film Suriah Waad Al-Kateab.

Perjalanan Febfi dimulai pada 2019. Ketika dia kehilangan putranya Haykal. Yang meninggal dunia karena kelainan saraf langka. Sindrom Moebius. Di tahun itu, dia mendirikan komunitas untukteman.id. Yang bertujuan untuk membantu mereka yang menderita penyakit dengan kesulitan keuangan. Termasuk mereka yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Tak cuma itu, Febfi dan timnya juga membantu mahasiswa di komunitasnya. Dengan menyediakan akses internet gratis dan perpustakaan keliling. Pada harian, The Jakarta Post, mereka mencoba menyediakan pemancar sinyal untuk lokasi yang belum terjangkau internet.

Baca juga : Gatot Cs Tiarap Nih?

"Saya masih tidak percaya mereka mencantumkan nama saya dalam daftar," kata Febfi, di akun Instagramnya.

Sedangkan Salsabila, adalah aktivis lingkungan. Yang mulai berkampanye untuk kepedulian pada lingkungan sejak berusia sangat muda. Pada usia 15 tahun, Salsabila ikut memprakarsai gerakan Jaga Rimba. Yang bertujuan untuk memerangi deforestasi dan eksploitasi di Indonesia. Gerakan itu memperjuangkan komunitas Laman Kinipan di Kalimantan Tengah. Pada 2018, masyarakat terusir dari tanah mereka karena perusahaan kelapa sawit mengklaim telah mendapatkan izin untuk mengelola lahan tersebut.

Menurut petisi Jaga Rimba di change.org, penggusuran tersebut telah berdampak pada masyarakat serta fauna endemik di daerah tersebut. Termasuk orangutan. Salsabila (17) mengatakan, pandemi juga telah menyadarkannya, semua berada di bawah sistem patriarki-kapitalis untuk mencari keuntungan.

Baca juga : Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Peringkat 16 Wanita Paling Berpengaruh Sejagat

Kata dia, saat ini sudah waktunya bagi semua pihak untuk berkumpul dalam solidaritas. Dan memimpin pemulihan lingkungan. "Agar kembali hijau dan adil," ucap Salsabila pada BBC.

100 Women merupakan ajang tahunan BBC. Yang mulai dilaksanakan pada 2013. Di ajang itu, terdapat 100 wanita inspiratif dari berbagai latar belakang. Mulai dari ilmuwan, pakar kesehatan masyarakat, petugas kesehatan, politisi, aktor, arsitek, dan tokoh lainnya. Mereks dipilih atas upaya mereka untuk meningkatkan taraf kehidupan orang lain di komunitas mereka.

Tahun ini, ajang itu mengambil tema "Bagaimana Wanita Memimpin Perubahan pada 2020". Dan untuk pertama kalinya, BBC 100 Women mengosongkan peringkat ke-100. untuk memperingati semua wanita yang memberikan pengaruh dan pengorbanan di tahun yang luar biasa ini.[PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.