Dark/Light Mode

Pasrah Terima Kekalahan Trump, Presiden Brazil Akhirnya Ucapkan Selamat Ke Joe Biden

Rabu, 16 Desember 2020 10:17 WIB
Presiden Brazil Jair Bolsonaro (Foto: Instagram)
Presiden Brazil Jair Bolsonaro (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Brazil Jair Bolsonaro akhirnya mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih AS Joe Biden, atas kemenangannya dalam Pilpres AS 2020.

Bolsonaro pun bisa menerima kekalahan Donald Trump, yang selama ini akrab dengannya. 

Baca juga : Putin Akhirnya Ngucapin Selamat Ke Biden

"Selamat untuk Presiden Joe Biden. Harapan terbaik saya menyertai Anda. Semoga, AS bisa tetap menjadi tanah kebebasan dan rumah bagi para pemberani," kata Bolsonaro dalam pernyataan yang dirilis Kementerian Luar Negeri Brasil, seperti dikutip Reuters, Rabu (16/12).

"Saya siap bekerja sama dengan Anda, dan terus membangun aliansi Brasil-AS dalam mempertahankan kedaulatan, demokrasi, dan kebebasan di seluruh dunia. Serta mengintegrasikan perdagangan," imbuhnya.

Baca juga : PDIP Dan Gerindra Ucapkan Selamat Kepada Idris-Imam

Bolsonaro merupakan sekutu dekat Trump yang begitu berat mengakui kekalahan karibnya. Bahkan, ia pernah mengungkapkan keprihatinan soal dugaan kecurangan dalam Pilpres AS tahun ini, tanpa bukti.

Biden kemungkinan akan mengambil sikap lebih keras dalam kebijakan luar negerinya terhadap Brazil, terutama di bidang lingkungan, hak asasi manusia (HAM), dan perdagangan. Ini berpotensi membuat Bolsonaro semakin terisolasi di panggung global.

Baca juga : Lebih Dari 900 Pelanggan Drive-Thru Saling Bayarkan Belanjaan

Bisa dibilang, kemenangan Biden membuat Bolsonaro mati kutu. Tak ada lagi sekutu kunci. Langkah tegas AS mencegah deforestasi di Hutan Amazon, dan mendorong aksi global untuk melawan perubahan iklim, membuat Bolsonaro gerah.

Sejumlah analis menilai, tingginya tensi hubungan Brazil-AS akan membuat Bolsonaro mendekat ke China. Terutama, jika masalah lingkungan dan HAM mengganggu agenda perdagangan dengan AS. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.