Dark/Light Mode

Hadiri Pesta Makan Malam

Langgar Aturannya, PM Jepang Seperti Jilat Ludah Sendiri

Rabu, 16 Desember 2020 22:49 WIB
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga (Foto Guardian.ng)
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga (Foto Guardian.ng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga memanen kritikan karena menghadiri pesta makan malam akhir tahun. Padahal ia meminta masyarakat untuk menghindari pertemuan sosial karena angka kasus Covid-19 yang masih naik.

Keluar dari aturan yang dibuatnya, Suga bagai menjilat ludah sendiri. Pengganti PM Shinzo Abe itu, pekan lalu, menghadiri serangkaian acara sehingga menyulut komentar dari para politisi maupun pengguna media sosial, termasuk dari koalisi partainya.

Baca juga : Industri Penjualan Langsung Tetap Eksis Di Tengah Pandemi

Menteri Ekonomi Jepang Yasutoshi Nishimura, yang juga bertugas dalam hal kebijakan pandemi, membela Suga dengan mengatakan kepada parlemen, Rabu (16/12), tidak ada aturan yang melarang makan bersama.

Sebelumnya pada Selasa (15/12) malam, Juru Bicara Pemerintah Katsunobu Kato menyebut, Suga telah menjalankan langkah pencegahan yang dibutuhkan sebelum hadir dalam acara tersebut. "Penting untuk mengambil keputusan berdasar pada tujuan makan bersama dengan langkah pengendalian infeksi," kata Kato dalam jumpa pers rutin, dilansir Reuters, Rabu (16/12/20).

Baca juga : Pasokan Ayam Tinggi, Peternak Ngarep Pemerintah Kendalikan Produksi

Senin (14/12) lalu, Suga bergabung dengan enam pejabat senior lainnya di partai dalam pertemuan di sebuah restoran steak kelas atas di distrik Ginza, Tokyo.

Semua pejabat itu berusia di atas 70 tahun. Ketika meninggalkan restoran, Ryotaro Sugi--aktor dan penyanyi berusia 76 tahun--mengatakan kepada jurnalis bahwa acara itu adalah "pesta akhir tahun", dan mereka membicarakan soal bisbol.

Baca juga : Survei LSI Denny JA Proyeksikan Pasangan Olly-Steven Menang Di Pilkada Sulut

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Liberal Toshihiro Nikai, yang juga hadir di sana, menyebut bahwa para tamu makan malam itu tentu membuka masker untuk makan, namun mereka dianggap cukup berhati-hati. Sehari setelahnya, Suga bertemu dengan Haruyuki Takahashi, pejabat eksekutif di komite penyelenggara Olimpiade Tokyo, serta dua pimpinan eksekutif dari jaringan televisi lokal, di sebuah restoran steak, demikian laporan media lokal. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.