Dark/Light Mode

Survei LSI Denny JA Proyeksikan Pasangan Olly-Steven Menang Di Pilkada Sulut

Rabu, 2 Desember 2020 17:21 WIB
Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (ODSK). (foto/ist)
Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (ODSK). (foto/ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Olly Dondokambey–Steven Kandouw (ODSK) diperkirakan bakal tampil sebagai pemenang pada Pilkada Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), 9 Desember 2020.

Peneliti senior LSI, Adjie Alfaraby mengatakan, pasangan petahana ini kemungkinan besar meraih suara di atas 60 persen, unggul jauh dari dua kandidat lainnya Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (Cep-Sehan) dan pasangan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene (Vonnie-Hendry).

"Tersisa 7 hari menjelang pemilihan, elektabilitas petahana masih sangat perkasa. Jika ini terjadi, maka pasangan ODSK menjadi salah satu dari sedikit petahana gubernur di Indonesia yang menang di atas 60 persen di periode kedua," ujar Adjie dalam jumpa pers temuan terkini Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA terkait Pilkada Sulut, Rabu (2/12) sore, di Manado, Sulawesi Utara.

Baca juga : Survei KCI-LSI Denny JA : Petahana Di Kaltara Unggul 51 Persen

Dilanjutkannya, survei LSI dilaksanakan pada tanggal 19-25 November 2020 menggunakan 800 responden di semua kabupaten/kota di Sulut. Survei dikerjakan melalui wawancara tatap muka (face to face interview) dengan estimasi margin of error sebesar 3,5 persen.

"Jika mereka yang belum menentukan pilihan sebesar 2,6 persen dibagi secara proporsional ke tiga pasangan kandidat (karena di saat pemilihan, tidak ada lagi yang belum menentukan pilihan), maka dukungan pasangan ODSK menjadi sebesar 67,4 persen, pasangan Cep-Sehan sebesar 26.9 persen, dan dukungan kepada pasangan Vonnie-Hendry sebesar 5,7 persen," lanjutnya.

LSI Denny JA juga membuat prediksi kisaran dukungan (range) dukungan para kandidat berdasarkan hitungan plus minus margin of error (MoE) survei sebesar 3,5 persen.

Baca juga : Pandemi Terkendali, Presiden Minta Jangan Kendor dan Tetap Waspada

Dengan prediksi range dukungan pasangan ODSK adalah sebesar 63,9 persen - 70,9 persen, range dukungan Cep-Sehan sebesar 23.4-30.4 persen, dan range dukungan pasangan Vonnie-Hendry sebesar 2.2 persen - 9.2 persen.

Adjie menjelaskan, mengapa LSI Denny JA berani menyatakan bahwa ODSK di ambang dua periode? Dengan data yang dipaparkan sebelumnya, elektabilitas petahana diatas 60 persen, jarak elektabilitas petahana dengan kompetitor terdekat +/- 40 persen, pemilih militan ODSK diatas 55 persen.

"Dengan data tersebut hampir mustahil kompetitor mampu mengejar elektabilitas tersebut," kata Adjie.

Baca juga : Meski Sendiri, Cawagub Edy Pratowo Tetap Tenang Di Debat Pilkada Kalteng

Kekuatan dukungan pasangan petahana merata di semua segmen pemilih penting. Baik mereka yang laki-laki maupun perempuan, pemilih protestan, pemilih muslim, pemilih katolik, pemilih milenial hingga lansia, pemilih berpendidikan rendah hingga kelompok terpelajar, wong cilik hingga mereka yang mapan, dan di semua segmen profesi pemilih.

ODSK juga unggul di pemilih milenial hingga pemilih lansia dengan dukungan rata-rata diatas 60 persen. Begitu pun dengan ODSK di segmen pendidikan, ekonomi dan profesi.

"Rata-rata diatas 60 persen di setiap kelompok segmen tersebut," tegas Adjie. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.