Dark/Light Mode

Kunjungi Indonesia Dan Tekan MoU

Menlu Turki Perkuat Kerja Sama Ekonomi

Rabu, 23 Desember 2020 05:09 WIB
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi (kanan) dengan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu saat jumpa pers virtual dari Kementerian Luar Negeri, Jakarta, kemarin. (Foto : Kementerian Luar Negeri).
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi (kanan) dengan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu saat jumpa pers virtual dari Kementerian Luar Negeri, Jakarta, kemarin. (Foto : Kementerian Luar Negeri).

 Sebelumnya 
Lawan Islamofobia

Dalam pertemuan itu, keduanya juga membahas isu Islamo­fobia. Cavusoglu menekankan, komunitas Islam mesti bekerja sama dengan Indonesia untuk mengatasi masalah itu.

Dia menyoroti meningkatnya ancaman Islamophobia, serta maraknya diskriminasi terhadap dunia Muslim. Secara khusus, Turki dan Indonesia, kata dia, harus berdiri bersama melawan upaya untuk merusak nilai-nilai Islam.

Baca juga : Pebulutangkis Indonesia Siap Tarung Di 3 Turnamen Di Bangkok

“Sebagai dua negara Muslim yang penting, kita harus melindungi tujuan dan kepentingan bersama negara kita dan komu­nitas Muslim,” kata Cavusoglu.

Sebelumnya, baik Turki mau­pun Indonesia, sama-sama menge­cam keras Islamophobia yang terjadi di berbagai belahan dunia. Seperti yang terjadi di beberapa negara Eropa, mulai dari Prancis, Denmark, hingga Swedia.

Terkait itu hal ini, Retno mengatakan, Indonesia dan Turki akan bersama-sama memperkuat Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), demi menyelesaikan ber­bagai persoalan di dunia Islam dan kesejahteraan umat.

Baca juga : 70 Tahun Hubungan Diplomatik, Indonesia-Iran Tingkatan Kerja Sama Bilateral

Tak lupa, keduanya membahas isu yang juga berkaitan dengan Islam, yakni Palestina. Kata Retno, kedua negara menegaskan kembali komitmen untuk selalu mendukung Palestina. Dia bilang, isu Palestina harus diselesaikan berdasarkan berbagai Resolusi Dewan keamanan PBB.

“Juga parameter yang disepakati secara internasional. Termasuk solusi dua negara,” papar Retno.

Kunjungan Cavusoglu bertepatan dengan peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik kedua negara. Ini kunjungan pertama Menlu Turki secara bilateral, dalam kurun waktu 15 tahun terakhir. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.