Dark/Light Mode

Rusia Usir Dua Diplomat Kolombia

Rabu, 23 Desember 2020 22:46 WIB
Gedung Kementerian Luar Negeri Rusia. [Foto: Mikhail Dzhaparidze/TASS]
Gedung Kementerian Luar Negeri Rusia. [Foto: Mikhail Dzhaparidze/TASS]

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan, Rusia mengusir dua pegawai misi diplomatik Kolombia di Moskow pada Rabu (23/12/2020).

Seperti dikutip Pars Today dari Farsnews, Kemenlu Rusia mengatakan, pihaknya memanggil Duta Besar Kolombia pada Selasa kemarin, untuk memprotes keputusan tak berdasar pemerintah Kolombia, yang mengusir dua diplomat Rusia di Bogota.

Baca juga : Lansia Depresi Akibat Pandemi

"Langkah ini tidak sesuai dengan semangat hubungan tradisional yang bersahabat dan saling menghormati antara Rusia dan Kolombia," kata Kemenlu, dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya, Pemerintah Kolombia mengusir dua diplomat Rusia karena diduga melakukan kegiatan intelijen. Mereka mengklaim bahwa Alexander Paristov dan Alexander Belousov yang telah berada di Kolombia selama lebih dari dua tahun, melakukan kegiatan spionase di kota Cali. Kedua diplomat Rusia itu telah meninggalkan Kolombia dan kembali ke Moskow.

Baca juga : Batik Perkuat Diplomasi Dan Ekonomi

Namun Rusia berulang kali membantah melakukan campur tangan dalam urusan negara lain. Istana Kremlin juga menyebut, tudingan terhadap para diplomat Rusia tersebut tidak berdasar. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.