Dark/Light Mode

Posisi Gibran Di Atas Angin

Pilkada Kota Solo Tak Imbang

Jumat, 28 Agustus 2020 05:15 WIB
Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan Teguh Prakosa (Foto: Istimewa)
Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan Teguh Prakosa (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sedang di atas angin. Popularitas dan elektabilitasnya melampaui nama calon rivalnya di Pilkada Kota Solo, Bagyo Wahyono

Itulah yang tergambar dari hasil survei Indonesian Public Institute (IPI) yang dilakukan 3-7 Agustus 2020. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan 440 responden. 

Baca juga : Sah! Partai Golkar Usung Petahana Di Pilkada Kabupaten Karawang

Direktur Eksekutif IPI Karyono Wibowo mengatakan, berdasarkan hasil survei lembaganya di awal Agustus, pihaknya menemukan bahwa popularitas dan elektabiltas Gibran jauh meninggalkan Bagyo Wahyono. Bahkan, nama ayah Jan Ethes itu juga melampaui nama kader PDIP Achmad Purnomo, yang telah mengundurkan diri dari pencalonan. 

Dari sisi popularitas, sebut Karyono, tingkat keterkenalan Gibran di masyarakat pemilih Solo mencapai 95,2 persen. Sementara, keterkenalan Achmad Purnomo 89,4 persen. Sedangkan Bagyo Wahyono 13,2 persen. 

Baca juga : Pilihan Realistis, PKS Nggak Bakal Dukung Putra Jokowi

“Soal popularitas, dari sekian calon yang kita uji tingkat keterkenalan Gibran mencapai 95,2 persen. Achmad Purnomo, 89,4 persen, Teguh Prakosa 57,9 persen, FX Suparjo 16,4 persen, Bagyo Wahyono 13,2 persen. Kemudian BRM Syailendra Soeryo 9,1 persen,” beber Karyono dalam konferensi pers, kemarin. 

Untuk elektabilitas, dari sisi Top of Mind alias spontanitas pemilih, sambung Karyono, tingkat keterpilihan Gibran mencapai 36,8 persen. Kemudian, Achamd Purnomo 3,9 persen dan Bagyo Wahyono 1,3 persen. Sisanya Teguh Prakosa 0,8 persen, Rudi Hadiyatmo 0,6 persen, dan Hadi Rudy sebesar 0,4 persen. Yang belum memutuskan sebesar 45,9 persen. 

Baca juga : Bamsoet Ingatkan Komitmen Paslon Pilkada 2020 Tak Kerahkan Massa

Gibran, sebut Karyono, juga dianggap figur yang paling pantas sebagai Wali Kota Solo oleh para pemilih di kota itu. “Dari uji kepantasan, figur yang dianggap layak, Gibran mencapai 62,7 persen. BRM Syailendra Soeryo mencapai 8,9 persen, BRA Putri Woelan Sari mencapai 10,7 persen, Bagyo Wahyono 12,1 persen dan Achmad Purnomo 45,6 persen. Ini berbanding lurus dengan elektabilitas,” jelasnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.