Dark/Light Mode

Dua Pekan Nol Kasus

Hun Sen Klaim Kamboja Sudah Bebas Covid-19

Kamis, 31 Desember 2020 05:23 WIB
Perdana Menteri Kamboja Hun Sen (tengah) memakai masker sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19. (Foto : Voanews.com).
Perdana Menteri Kamboja Hun Sen (tengah) memakai masker sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19. (Foto : Voanews.com).

RM.id  Rakyat Merdeka - Di saat banyak negara kembali menerapkan karantina wilayah atau lockdown, Kamboja malah mengklaim kasus penularan Covid-19 sudah usai.

Klaim Kamboja ini bukannya tanpa bukti. Menurut Perdana Menteri (PM) Hun Sen, tidak ada lagi laporan kasus baru selama dua pekan terakhir.

Berita Terkait : Meriang Atau Kena Covid-19

“Tidak ada penularan lokal dan impor selama dua pekan terakhir. Kasus penularan Covid-19 di Kamboja sudah berakhir,” kata Hun Sen, seperti disiarkan di sta­siun TV lokal, TVK, Selasa (29/12) dan dilansir Xinhua, kemarin.

Karena yakin tidak bakal ada lagi penularan Covid-19 di negaranya, Hun Sen pun menyarankan agar kegiatan belajar mengajar kembali dilanjutkan seperti biasa.

Berita Terkait : Kasus Covid-19 Diprediksi Naik Tinggi Pasca Liburan

Kamboja terakhir kali mendeteksi kasus positif Covid-19 pada 28 November, pada enam anggota keluarga di Kota Phnom Penh dan Provinsi Siem Reap, Kamboja barat laut. Saat itu, Kam­boja mengetatkan pemeriksaan di pintu perbatasan. Lalu, 19.000 orang telah dites. Sebanyak 41 di antaranya positif Corona.

“Kini situasi peristiwa 28 November telah berhasil dikendalikan setelah kami tidak menemukan kasus yang ditular­kan secara lokal dalam 14 hari terakhir,” tegas Hun Sen.

Berita Terkait : Trump Akhirnya Teken UU Dan Paket Stimulus Covid

Menurut Kementerian Kesehatan Kamboja, negara kera­jaan itu hingga saat ini mencatat total 364 kasus terkonfirmasi Covid-19, dengan nol kematian dan 360 orang dinyatakan sem­buh. Meski demikian, Hun Sen mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, karena jumlah kasus infeksi Covid-19 secara global masih tinggi.

Kondisi stabil ini membuat Menteri Pendidikan Kamboja, Hang Chuon Naron mengeluarkan izin, agar sekolah negeri dibuka pada 11 Januari 2021. [DAY]