Dark/Light Mode

2021, Inggris Siap Tegaskan Arti Global Britain Kepada Dunia

Kamis, 31 Desember 2020 21:46 WIB
2021, Inggris Siap Tegaskan Arti Global Britain Kepada Dunia

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris di Indonesia menerbitkan pernyataan tentang hubungan baru antara Kerajaan Inggris Raya dan Uni Eropa. Hubungan yang didasarkan pada perdagangan bebas, dan kerja sama persahabatan di antara kedaulatan yang sederajat.

Dalam hal ini, Kerajaan Inggris Raya akan memanfaatkan kebebasan otonominya yang baru.

"Ini adalah awal dari babak baru dalam kisah nasional kami. 2021 akan menjadi kesempatan kami, untuk menunjukkan apa arti Global Britain kepada seluruh dunia: kesepakatan perdagangan dengan pasar baru yang berkembang pesat, menegaskan kembali diri kami sebagai negara dengan perdagangan yang liberal dan bebas; dan bertindak dengan fondasi moral yang kuat, sebagai kekuatan yang mendukung kebaikan di dunia," demikian bunyi keterangan resmi Kedutaab Besar Inggris, yang diterima RMco.id, Kamis (31/12).

Baca juga : Liga Inggris : Arsenal Vs Brighton, Menjaga Momen Kebangkitan

Kerajaan Inggris Raya juga menyebut, pihaknya akan memiliki lebih banyak energi, waktu, dan kebebasan untuk berinteraksi dengan teman dan mitra di Asia.

Abad ke-21 akan menjadi abad Asia. Saat ini, Inggris juga memiliki kapasitas lebih untuk membangun hubungan di kawasan ini, termasuk dengan Indonesia dan ASEAN.

"Sebagai negara yang benar-benar memiliki visi Global, kami akan tetap berkomitmen pada masalah-masalah penting saat ini dan memainkan peran kami dalam menciptakan dunia yang lebih baik, lebih adil, dan lebih aman untuk masa depan," papar keterangan tersebut.

Baca juga : Mahfud MD Tegaskan Tak Ada Islamofobia Dan Kriminalisasi Ulama Di Indonesia

Peran tersebut antara lain mendorong pemulihan dunia dari Covid-19 melalui kepemimpinan kami di G7, mengalokasikan dana secara tepat, dengan menjadi donor terbesar bagi mekanisme internasional untuk mendapatkan vaksin, serta terapi dan tes ke semua negara.

Kerajaan Inggris Raya  telah menyumbangkan seperlima dari total dana global melalui ACT-Accelerator, dan bekerja sama untuk memperkuat pemerintahan yang demokratis dan menetapkan kerangka-kerangka kerja internasional.

Ditegaskan, perjanjian ini hanyalah awal dari kemitraan baru Kerajaan Inggris Raya di Eropa. Yang tidak hanya dibangun di atas ikatan persahabatan dan kerja sama. Tetapi juga sebagai kedaulatan yang sederajat, dengan otonomi demokratis yang lebih besar, menyuarakan pendapat kami dengan jelas dan independen serta berbicara dan bertindak atas hal-hal yang penting bagi Kerajaan Inggris Raya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.