Dark/Light Mode

Qatar: Saatnya, Negara-Negara Teluk Arab Berdialog Dengan Iran

Selasa, 19 Januari 2021 23:54 WIB
Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim al Thani. [Foto: TRT World and Agencies]
Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim al Thani. [Foto: TRT World and Agencies]

RM.id  Rakyat Merdeka - Qatar telah mendesak negara-negara Teluk Arab untuk mulai berdialog dengan Iran. Desakan ini disampaikan Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani, seperti dikutip Bloomberg dan Reuters.

Mohammed meyakinkan, sekarang adalah waktu yang tepat bagi Qatar untuk menengahi negosiasi antara negara Teluk Arab dan Iran. "Ini juga keinginan yang dimiliki oleh negara GCC (Dewan Kerja Sama Teluk) lainnya," katanya.

Baca Juga : Walkot Bekasi Pepen Ingatkan Jajarannya Cegah Korupsi

Selain itu, lanjut Mohammed, pemerintahnya juga mendukung diskusi yang sedang berlangsung antara Iran dan Korea Selatan untuk mengamankan pembebasan sebuah kapal tanker minyak yang disita oleh Pengawal Revolusi Islam awal bulan ini.

Mengomentari secara terpisah tentang potensi dialog Amerika Serikat-Iran, dia mengatakan bahwa Qatar juga akan memfasilitasi diskusi antara kedua negara tersebut jika diminta dan akan mendukung siapa pun yang dipilih untuk melakukannya.

Baca Juga : Terima Pengurus Maserati, Bamsoet Dukung Kegiatan Bantuan Hukum Gratis

"Kami ingin pencapaiannya, kami ingin melihat kesepakatan itu terjadi," kata Menlu Qatar tentang potensi pembicaraan antara Washington dan Teheran. [RSM]