Dark/Light Mode

Boeing 737 Max 8 Mendarat Darurat Di Amerika

Rabu, 27 Maret 2019 21:30 WIB
Boeing 737 Max 8 Mendarat Darurat Di Amerika

RM.id  Rakyat Merdeka - Insiden melibatkan pesawat Boeing 737 Max 8 kembali terjadi. Pesawat milik Southwest Airlines Co. itu akan terbang dari Orlando menuju Victorville, California, Amerika Serikat (AS) mendarat darurat tak lama setelah take off, Selasa (26/3), pukul 15.00 waktu setempat.

Dikutip dari Reuters, tak lama setelah take off, pilot melaporkan adanya gangguan pada mesin pesawat. Mengikuti protokol, pilot dan co-pilot langsung kembali ke bandara asal di Orlando. Pesawat berhasil mendarat mulus beserta kedua awaknya.

Baca juga : Boeing 737 Max 8 Dikandangin, Lion Ngggak Masalah

Penerbangan tersebut merupakan penerbangan non-komersial tanpa penumpang menuju bandara logistik di Victorville. Tempat mereka akan 'mengandangkan' seluruh pesawat 737 Max 8 miliknya. Secara keseluruhan, Southwest memiliki 34 unit pesawat 737 Max 8.

Menyusul kecelakaan maut 737 Max 8 Ethiopian Airlines pada 10 Maret 2019 dan Lion Air pada 29 Oktober 2018 yang menewaskan seluruh penumpang dan awak pesawat, operasional pesawat jenis ini dilarang secara global. Hasil investigasi menunjukkan ada kesamaan penyebab kedua pesawat tersebut jatuh, yaitu malfungsi pada sistem komputer pesawat. Insiden ini pun saat ini tengah diinvestigasi oleh The Federal Aviation Agency (FAA). Namun insiden di Orlando menurut FAA, bukan disebabkan masalah pada sistem komputer pesawat seperti dua kejadian sebelumnya, melainkan pada mesin pesawat.

Baca juga : Dituntut 5 Tahun Penjara, Idrus Keberatan

Negara-negara yang telah melarang terbang 737 Max 8 di antaranya Australia, Kanada, China, Uni Eropa, Perancis, Jerman, Hong Kong, Islandia, India, Indonesia, Liechtenstein, Malaysia, Selandia Baru, Norwegia, Singapura, Swiss, Inggris, Amerika Serikat, dan Vietnam.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.