Dark/Light Mode

Presiden AS Katolik Kedua Setelah JFK

Jelang Pelantikan, Joe Biden Hadiri Kebaktian Di Gereja Katedral St Matthew the Apostle

Rabu, 20 Januari 2021 21:26 WIB
Presiden AS Katolik Kedua Setelah JFK Jelang Pelantikan, Joe Biden Hadiri Kebaktian Di Gereja Katedral St Matthew the Apostle

RM.id  Rakyat Merdeka - Joe Biden, Presiden AS Katolik kedua setelah John Fitzgerald Kennedy (JFK) menghadiri acara kebaktian di Gereja Katedral St. Matthew the Apostle di Washington DC, jelang pelantikannya pada Rabu (20/1) siang waktu setempat.

Lazimnya, Presiden AS yang akan dilantik, mengikuti kebaktian di St John's Episcopal, gereja kecil yang terletak di seberang Lafayette Square, menghadap langsung ke Gedung Putih. Itu sebabnya, St John's Episcopal dikenal sebagai gerejanya para presiden.

Berita Terkait : Biden Justru Senang

Berdasarkan info Komite Kongres Bersama Upacara Pelantikan Presiden, sejak 1933, tujuh presiden AS: Presiden Franklin Delano Roosevelt, Harry S Truman, Ronald Reagan, George H.W. Bush, George W. Bush, Barack Obama, dan Donald Trump - menghadiri kebaktian pagi di St. John's, sebelum pelantikan.

Dalam tiga kali pelantikan, FDR selalu pergi ke St. John's. Namun pada pelantikan keempatnya, tahun 1945, FDR memilih kebaktian pribadi di Gedung Putih.

Berita Terkait : Trump Nggak Bakal Hadir Di Pelantikan Joe Biden

Nama St. John kembali menjadi berita pada tahun 2020, ketika menjadi latar belakang foto alkitab Trump yang terkenal. Gereja itu menjadi titik panas protes anti-rasial dan solidaritas terhadap kematian warga kulit hitam AS, George Floyd pada awal Juni 2020. [HES]