Dark/Light Mode

Dubes RI Di Inggris Tak Bosan Ingatkan WNI Taati 3M

Senin, 25 Januari 2021 11:04 WIB
Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), Desra Percaya. [Foto: Kemlu]
Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), Desra Percaya. [Foto: Kemlu]

RM.id  Rakyat Merdeka - Siapapun tidak akan luput dari ancaman pandemi Covid­19. Apalagi kalau sampai lalai menerapkan protokol kesehatan.

Peringatan itu disampaikan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Duta Besar LBBP) RI untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), Desra Percaya. Dia mencontohkan, kasus positif Corona yang menimpa Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid­19, Letjen TNI Doni Monardo.

Berita Terkait : Indonesia-Inggris Gelar Lokakarya Perlindungan Data Dan Keamanan Siber

“Tertularnya Doni Monardo adalah contoh sederhana , bahwa Covid­19 dapat menulari siapapun,” ujar Dubes Desra, dalam obrolan virtual berjudul Up-date Terkini Vaksin dan Covid-19, di Kedutaan Besar Republik Indonesia di London, Sabtu (23/1).

Doni dikabarkan tertular saat acara makan bersama. Desra menilai, momen di saat membuka masker sangat rawan tertular dan menulari orang lain. Untuk itu, ia mengajak semua orang tetap harus berhati­hati.

Berita Terkait : Fokus Perang Lawan Covid

“Satu momen sederhana, ke­ika kita membuka masker (saat makan dan minum), kita bisa kena,” ingat Dubes yang pernah diposkan di Amerika Serikat ini.

Dia pun menegaskan, tidak akan bosan mengingatkan semua orang untuk mematuhi protokol kesehatan dan aturan otoritas setempat. Khusus untuk mahasiswa Indonesia di Inggris, Desra mengingatkan untuk mencegah terbentuknya klaster baru penyebaran Covid­19 di lingkungan tempat tinggal seperti flat atau apartemen.

Berita Terkait : 30 Persen Masyarakat Masih Abai Prokes Sih

“Perjalanan pandemi ini masih jauh. Vaksin bukan satu­satunya jawaban. Tapi kita tetap harus menjalankan protokol kesehatan,” tegasnya. [DAY]